Categories

Tips

Enam Tips Ampuh Mencari Developer Ideal Startup

Bukan hanya cerdas, developer yang ideal adalah mereka yang loyal, mampu beradaptasi, dan bisa mengarahkan masa depan perusahaan

Yenny Yusra - 29 July 2016

Saat ini Anda mungkin telah memiliki ide yang brilian untuk mengembangkan produk software dan telah memiliki cukup modal untuk mendirikan startup. Langkah pertama yang dilakukan tentunya adalah menemukan developer yang tepat, bukan hanya menguasai bidang dan memiliki kemampuan lebih namun juga bisa memberikan kontribusi dan bersedia untuk bersama mengembangkan bisnis.

Nampaknya memang mudah ketika posisi seorang developer saat ini menjadi lahan yang sedang banyak dicari, ditambah dengan banyaknya universitas, pelatihan dan komunitas developer di tanah air. Namun demikian untuk menemukan developer yang sesuai dengan karakter perusahaan tidaklah mudah, dibutuhkan trik khusus agar Anda bisa mendapatkan developer yang sesuai. Artikel berikut ini akan mengupas 6 cara jitu menemukan developer untuk startup Anda.

Memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih

Dibutuhkan pengetahuan yang cukup untuk bisa mengembangkan bisnis pengembang software, terlebih jika saat ini Anda sebagai Founder tidak memiliki cukup pengetahuan dan pengalaman di bidang teknologi. Anda pun membutuhkan seorang developer yang bukan hanya memiliki keahlian, namun bisa mengarahkan Anda untuk bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

Developer yang ideal untuk Anda adalah mereka yang telah memiliki pengalaman lebih dan telah mengerjakan produk yang ingin Anda buat dan tahu benar bagaimana untuk bisa menghasilkan produk yang baik.

Bisa berkolaborasi dan beradaptasi

Temukanlah developer yang bisa bekerjasama dengan Anda dan anggota tim lainnya, namun yang paling penting adalah carilah developer yang mampu untuk beradaptasi dan menerima semua perubahan yang diperlukan. Idealnya adalah ide serta rencana yang dibuat diharapkan bisa berjalan dengan lancar, namun tidak bisa dipungkiri kendala serta hambatan akan terjadi saat proses berlangsung, disinilah pada akhirnya seorang developer harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan mengadopsi perubahan yang ada.

Teliti dan bekerja dengan cepat

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, carilah developer yang mampu bekerja dengan cepat namun tetap mengutamakan ketelitian penuh terhadap semua proyek yang dikerjakan. Menjadi hal yang krusial di awal bisnis untuk selalu mengedepankan hal-hal yang paling dasar terkait dengan desain dan melakukan pengecekan terhadap error atau kesalahan yang terjadi pada produk.

Fleksibel

Idealnya adalah produk dinyatakan siap untuk ditampilkan ketika semua komponen dan hal-hal terkait telah benar-benar diperiksa dan dinyatakan layak untuk digunakan, namun demikian saat menjalankan bisnis ada kalanya Anda diminta untuk meyiapkan prototipe untuk demo kepada pihak-pihak terkait. Seorang developer baiknya bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut dan bisa fleksibel menghadapi semua tantangan yang ada.

Bersedia bekerja overtime

Terkadang untuk bisa memenuhi target tenggat waktu, Anda sebagai Founder dan anggota tim lainnya dituntut untuk bisa bekerja lebih keras dan menambah jam kerja, seorang developer yang ideal adalah mereka yang bersedia untuk meluangkan waktu lebih ketika kondisi cukup kritis terkait dengan permintaan atau deadline yang wajib dipenuhi kepada klien atau pihak terkait.

Loyal dan menyukai perusahaan

Developer yang ideal adalah mereka yang mampu bekerjasama dengan seluruh anggota tim, namun demikian yang tidak kalah penting adalah developer yang memiliki rasa loyalitas cukup tinggi dan menyukai perusahaan. Idealnya adalah bukan hanya menghasilkan produk yang baik saja, developer yang baik adalah mereka yang bisa bertahan dan berkomitmen untuk maju bersama dengan perusahaan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter