Ilmu komputasi merupakan salah satu revolusi terbesar dalam sejarah manusia. Namun hal ini masih jauh dari jangkauan untuk lebih dari setengah populasi dunia. Faktor kurangnya jangkauan ini menjadi salah satu alasan Endless Computers menciptakan sebuah sistem operasi baru yang diberi nama Endless OS.

Pada tanggal 4 Juli 2017, Endless Computers resmi meluncurkan Endless OS di Indonesia. Endless OS dapat menjadi sebuah sistem operasi yang bisa digunakan untuk bekerja dan bermain serta dilengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan untuk browsing, mengakses media sosial, melakukan pekerjaan kantor, permainan serta menyediakan kumpulan artikel dan literatur yang bisa diakses langsung tanpa dukungan koneksi internet sekalipun. Salah satu misi global Endless adalah memberikan jaminan akses teknologi terbaik yang berguna untuk ranah pendidikan.

Matt Dalio, CEO sekaligus pendiri Endless Computers mengatakan, “Melalui Endless OS, kami membuktikan komitmen kami sebagai penyedia teknologi yang memberi akses teknologi yang lebih luas hingga ke seluruh dunia.”

Matt menambahkan bahwa perusahaannya berfokus untuk memecahkan dua hambatan teknologi utama yakni tingginya biaya dan konektivitas.

“Endless adalah piranti lunak gratis, yang akan menjadikan komputer dapat berjalan sempurna dalam berbagai kondisi penggunaan, bahkan saat koneksi internet lemah, tidak stabil atau ketika biaya internet terlalu tinggi.”

Saat meluncurkan Endless OS di Indonesia, CMO dan CGO Endless Computers, Beta Antunes mengatakan bahwa Endless OS telah menjalin kerja sama dengan merek-merek teknologi ternama seperti Acer dan Asus.

“Endless bekerja sama secara global dengan merek-merek teknologi ternama seperti Acer dan Asus guna memastikan ketersediaan produk kami terutama bagi pengguna pemula. Bersama mitra kami, kini kita selangkah lebih dekat menuju kesetaraan teknologi. Kami ingin agar setiap orang bisa memiliki komputer dan peluncuran hari ini menandai awal misi kami di Indonesia.”

Launching Endless OS with Acer & Asus Indonesia / Endless
Launching Endless OS with Acer & Asus Indonesia / Endless

Selain itu, Endless OS, yang berbais Linux ini, memiliki tampilan antarmuka (user interface/UI) seperti smartphone dengan sistem kerja yang juga serupa. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna mengoperasikannya. Aplikasi dalam Endless OS juga kompatibel dengan berbagai program dan OS lain yang ada di pasaran, dan juga dirancang untuk bisa digunakan secara offline untuk menjawab tantangan permasalahan konektivitas di Indonesia. Di samping itu, Endless OS bebas virus dan bekerja dengan baik dalam kondisi konektivitas internet apapun.

Endless juga memiliki toko aplikasi bernama App Center, yang mudah diakses dan mengemas ratusan aplikasi yang bisa diinstal untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam bekerja, belajar, menjelajah internet dan mengakses media sosial. Seperti sistem operasinya, aplikasi di App Center juga tersedia secara gratis.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.