28 February 2018

by Yoga Wisesa

Energizer Hardcase H590S Ialah Smartphone Tangguh Dengan Baterai 5.800mAh dan RAM 6GB

Hardcase H590S mampu menahan benturan dan telah memperoleh sertifikasi IP68.

Energizer mempunyai sejarah panjang di bidang penyediaan baterai. Menelusuri perjalanan perusahaan ini, mereka telah berbisnis selama lebih dari 120 tahun dan melebarkan sayapnya ke berbagai ranah. Itulah alasannya mengapa performa baterai menjadi perhatian utama mereka sejak Energizer memperkenalkan smartphone pertamanya beberapa tahun silam.

Meneruskan tradisi sang perusahaan Amerika di ajang Mobile World Congress 2017, Energizer memperkenalkan varian high-end dari lineup Hardcase yang menawarkan sejumlah upgrade signifikan. Dinamai Hardcase H590S, perangkat ini mengedepankan konsep rugged sembari mencoba memberikan solusi atas kelemahan terbesar (mayoritas) smartphone modern: daya tahan baterai.

Dari sisi penampilan, Hardcase H590S memang tidak seramping perangkat-perangkat anyar andalan produsen smartphone populer. Karena mengutamakan ketangguhan, tubuhnya terlihat cukup bulky, namun juga tak terlalu tebal dengan dimensi 164,2x79,4x12,15mm. Selanjutnya, sisi punggung smartphone dibekali tekstur titik-titik untuk menambahkan daya cengkeram dan memastikannya tak mudah tergelincir dari tangan Anda.

Namun bahkan jika Anda tak sengaja menjatuhkannya, Tubuh Hardcase H590S mampu menahan benturan (maksimal jatuh dari ketinggian 1,2m). Perangkat juga telah memperoleh sertifikasi IP68, yang berarti mampu menahan air hingga kedalaman 1,5m selama maksimal setengah jam. Energizer Hardcase H590S menyajikan layar seluas 5,9-inci dengan resolusi full-HD 1080x2160p dan aspek rasio 18:9 yang diproteksi Corning Gorilla Glass 3.

Sebagai brand yang terkenal dengan produk baterai, kemampuan smartphone aktif dalam waktu dalam tentu saja merupakan aspek andalan di Hardcase H590S. Di dalam, Energizer mencantumkan baterai 5.800mAh yang dilengkapi sistem power saving sehingga pemakaiannya jauh lebih optimal serta fitur fast charging, baterainya dapat Anda isi ulang melaui port USB type-C.

Konsumsi baterai juga lebih hemat karena Energizer memanfaatkan system-on-chip kelas 'menengah-bawah' Mediatek Helio P23 - berisi prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2,0GHz dan GPU Mali-G71 MP2. Produsen menjejalkan RAM sebesar 6GB serta penyimpanan internal 128GB, yang bisa diekspansi lagi via microSD. Kemampuan fotografinya tidak dilupakan: ada sepasang kamera 16Mp dan 0,3Mp di belakang, serta setup kamera ganda 13Mp dan 0,3Mp di depan.

Energizer belum mengungkap harga dari Hardcase H590S, namun mereka punya rencana untuk mulai memasarkan smartphone ini di kuartal kedua 2018.

Asumsi saya, Energizer Hardcase H590S bukanlah smartphone yang dijajakan di harga murah. Namun saya bisa membayangkan apa yang akan saya lakukan jika memilikinya: berendam air hangat sembari menonton serial Netflix.

Sumber: dua artikel TechRadar.