Categories

Gadget

Enlaps Tikee Ajak Anda Mengambil Video Timelapse Tanpa Henti

Andalkan panel surya dan konektivitas ke cloud

Glenn Kaonang - 22 December 2015

Siapa yang tidak suka menonton video timelapse, apalagi kalau pemandangan yang ditangkap benar-benar sangat menawan? Namun yang sering orang-orang tidak tahu adalah, proses pembuatan video yang cuma berdurasi 1-2 menit itu ternyata bisa memakan waktu sampai berhari-hari.

Membuat video timelapse sebenarnya tidak sulit, hampir semua smartphone kelas flagship menawarkan fitur ini sekarang. Akan tetapi yang kerap menjadi masalah adalah baterai dan kapasitas memori. Yup, karena mengambil foto secara konstan selama berjam-jam, perangkat jelas akan kehabisan daya, atau malah memorinya penuh lebih dulu.

Sebuah startup asal Perancis bernama Enlaps ingin menawarkan solusi atas permasalahan semacam ini. Ide yang digagasnya adalah sebuah perangkat yang dapat mengambil video timelapse tanpa harus berhenti karena kehabisan daya atau memorinya penuh. Dari situ lahirlah Enlaps Tikee.

Bentuk Tikee sangat tidak umum untuk sebuah kamera. Ia lebih mirip seperti scanner, tapi setelah melihat sepasang ‘mata’ di bagian depannya, Anda bakal paham bahwa tugasnya memang untuk menangkap gambar.

Di balik sepasang lensa fish-eye 149 derajat tersebut, tertanam sensor Exmor R garapan Sony dengan resolusi 16 megapixel. Keduanya bekerja secara bersamaan, yang pada akhirnya membentuk gambar dengan sudut pandang 220 derajat setelah diproses.

Namun senjata utama Tikee justru terletak pada permukaan atasnya, yang sejatinya merupakan panel surya yang dapat diatur posisinya. Dengan memanfaatkan tenaga matahari, secara teori Tikee dapat bekerja tanpa henti. Dalam posisi baterai terisi penuh dan panel suryanya nonaktif, Tikee bahkan bisa beroperasi selama satu minggu penuh, menangkap gambar dengan interval 10 menit.

Problem yang kedua, yakni keterbatasan memori, diselesaikan dengan bantuan cloud. Semua hasil yang ditangkap akan diunggah ke cloud secara bertahap selagi proses pengambilan video timelapse berlangsung. Tapi kalau memang tidak ada akses internet, Tikee masih punya slot microSD yang bisa menampung hingga 128 GB.

Enlaps juga bakal menyertakan software editing yang komplet, memungkinkan pengaplikasian efek seperti panning maupun zooming sehingga hasil video timelapse-nya tampak seperti garapan seorang profesional.

Sejauh ini Enlaps Tikee baru berupa prototipe dan ditawarkan melalui Kickstarter. Buat yang benar-benar tertarik, pledge paling rendah yang tersedia adalah €349, atau €449 untuk versi PRO-nya yang dilengkapi slot kartu SIM dan GPS.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter