Categories

Gadget

Eon Sulap Skateboard Biasa Menjadi Papan Luncur Bermotor Listrik

Eon bisa disematkan ke semua jenis skateboard: longboard, shortboard, penny board, nickel board, hingga desain old-school.

Yoga Wisesa - 25 July 2016

Kita sudah melihat berbagai upaya produsen dalam membuat alternatif hoverboard. Sejauh ini, self-balancing scooter masih merupakan pilihan praktis dibanding board bertenaga kipas angin atau magnetic levitation. Tapi jujur saja, self-balancing scooter tidak sekeren mengendarai skateboard, dan belum bisa menjadi solusi transportasi personal yang diandalkan.

Kabar gembiranya, tim Unlimitend asal Barcelona menggunakan pendekatan tradisional dalam menciptakan kreasi mereka. Setelah masa pengembangan yang menghabiskan waktu setahun lebih, belum lagi memproduksi berbagai inkarnasi purwarupa, developer akhirnya memperkenalkan Eon. Alat unik ini dibuat untuk mengubah skateboard standar menjadi papan luncur bertenaga motor elektrik.

Eon hadir dalam wujud modul. Beratnya mulai dari 1,5kg sampai 2,9kg, diklaim sebagai powertrain paling ringan yang ada di pasar saat ini. Cara menggunakannya sangat sederhana: cantumkan Eon di bagian bawah skateboard, dan Anda bisa segera meluncur. Motor didesain agar tidak menyebabkan adanya gaya gesek, jadi jika Eon tidak dinyalakan (atau baterainya habis), device tidak menghambat gerakan roda.

Eon dapat disematkan ke semua jenis skateboard: longboard, shortboard, pennyboard, nickelboard, hingga desain old-school. Proses instalasinya juga mudah dan singkat, memakan waktu kurang dari 15 menit; Anda tinggal melepas bagian roda serta truck dari deck, membubuhkan pelat mounting serta PowerPack, lalu memasang roda khusus Eon di truck. Selanjutnya, papan luncur Anda memperoleh motor listrik berkekuatan 1000-Watt.

Ada tiga model konfigurasi Eon. Pertama adalah Solo, menyuguhkan motor berbobot paling ringan, mampu mencapai jarak 12km dan mendaki sudut sembilan derajat. Buat pemakaian sehari-hari, Unlimited sendiri merekomendasikan Cruiser, dapat menempuh jarak dua kali lebih jauh dibanding Solo. Seandainya memerlukan lebih banyak tenaga, Anda bisa memilih R karena varian ini menyimpan dua motor dan sanggup mendaki lereng dengan kemiringan 20 derajat. Semua model melesat di kecepatan maksimal 35km/jam.

Melalui situs Kickstarter, Anda juga bisa memesan Eon edisi terbatas dengan tiga tipe deck: Brute (terbuat dari delapan lapis kayu maple Kanada), Drop (mengusung bahan bambu dan fiberglass, cukup lentur dan stabil) serta Kick (bermaterial bambu dan fiberglass, tingkat manuvernya paling tinggi). Eon turut disertai aplikasi mobile di mana Anda dapat mengendalikan mode serta mengustomisasi fungsi-fungsinya via smartphone.

Selama kampanye crowdfunding berlangsung, Eon dijajakan seharga mulai dari € 500 (kit Solo), atau € 570 termasuk board (Brute, Drop atau Kick).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter