ESL Indonesia Hadirkan Liga Dota 2 dan AOV Berhadiah Miliaran Rupiah

Babak kualifikasi pertama dimulai sejak tanggal 14 dan 15 November 2018

Ketika ESL masuk ke Indonesia lewat kemitraan dengan Salim Group, bulan September lalu, mereka berjanji akan menggelar kompetisi ESL National Championship di negara ini. ESL National Championship sendiri sebelumnya sudah digelar di dua puluh negara, dan ESL akan menggelarnya di Indonesia mulai tahun 2019 mendatang. Kini ESL telah menepati janjinya. Mereka meluncurkan liga berskala nasional, dengan hadiah mencapai US$100.000 (sekitar Rp1,47 miliar).

Menyesuaikan negara lokasinya, kompetisi nasional ESL di Indonesia ini diluncurkan dengan nama ESL Indonesia Championship. Dua cabang esports dilombakan dalam kompetisi ini, yaitu Dota 2 dan Arena of Valor. Keduanya memiliki tiga tahapan lomba, antara lain babak kualifikasi online, fase liga round robin, dan terakhir playoff secara offline.

Kualifikasi Arena of Valor dimulai pada hari ini | Sumber: Garena

Berikut ini adalah jadwal kualifikasi ESL Indonesia Championship Dota 2:

  • Kualifikasi 1: Rabu, 14 November 19:00 WIB
  • Kualifikasi 2: Sabtu, 17 November 19:00 WIB
  • Kualifikasi 3: Rabu, 21 November 19:00 WIB
  • Kualifikasi 4: Sabtu, 24 November 19:00WIB

Dan inilah jadwal kualifikasi ESL Indonesia Championship Arena of Valor:

  • Kualfikasi 1: Kamis, 15 November 19:00 WIB
  • Kualfikasi 2: Minggu, 18 November 19:00 WIB
  • Kualfikasi 3: Rabu, 19 Desember 19:00 WIB
  • Kualfikasi 4: Sabtu, 22 Desember 19:00 WIB

Dua tim teratas akan diambil dari masing-masing tahap kualifikasi, menghasilkan 8 tim yang akan bertanding di liga dengan format round robin nantinya. Babak liga ini akan tayang selama 7 minggu dan disiarkan secara langsung melalui channel YouTube ESL Indonesia. Liga Dota 2 tayang setiap hari Rabu dan Kamis, sementara liga AOV tayang setiap Sabtu dan Minggu. Setelah tahap liga selesai, empat tim teratas kemudian maju ke babak playoff yang akan diumumkan detailnya di kemudian hari.

ESL One: Belo Horizonte 2018, turnamen Counter Strike | Sumber: ESL

ESL Indonesia Championship terbuka untuk semua orang. Cara pendaftarannya pun sangat mudah. Anda cukup masuk ke situs ESL Indonesia Championship, memilih game yang ingin Anda ikuti, kemudian membuat akun ESL Play. Pemain yang sudah memiliki akun ESL Play bisa langsung mendaftarkan tim ke kualifikasi yang diinginkan, atau bergabung dengan tim lain yang sudah terdaftar. Selanjutnya Anda tinggal bertanding dengan lawan yang ditentukan, dan mengunggah screenshot hasil pertandingan ke situs ESL Indonesia Championship sebagai bukti kemenangan.

ESL Indonesia Championship hanyalah langkah awal dari perjalanan ESL di tanah air kita. Mengingat reputasi ESL selama ini yang sudah berpengalaman mengadakan kompetisi level internasional, tentu kita berharap mereka dapat menaikkan standar esports dalam negeri menjadi lebih baik lagi. Siapa tahu nantinya Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk kompetisi selevel ESL One. Atau lebih baik lagi, semoga ada tim jebolan ESL Indonesia Championship yang bisa juara di kancah tingkat dunia.

Sumber: ESL Indonesia, Garena