13 February 2020

by Glenn Kaonang

Essential, Perusahaan Smartphone Milik Andy Rubin, Resmi Ditutup

Cuma sempat memasarkan satu produk gagal selama empat tahun lebih berkiprah

Essential, perusahaan yang didirikan "Bapak Android" Andy Rubin usai undur diri dari Google, resmi ditutup. Lewat blog-nya, Essential mengumumkan kabar menyedihkan ini dengan alasan bahwa mereka tidak akan bisa merealisasikan produk keduanya.

Produk keduanya ini adalah Project Gem, sebuah smartphone unik dengan bentuk yang memanjang layaknya remote TV. Dalam blog post yang sama, Essential juga mengunggah sejumlah video yang memamerkan fitur-fitur Project Gem. Namun semua itu tak lagi relevan dengan ditutupnya perusahaan yang bermarkas di kota Palo Alto tersebut.

Project Gem / Essential

Sejak didirikan pada bulan November 2015, Essential hanya sempat memasarkan satu produk saja, yakni Essential Phone (PH-1) pada tahun 2017. Kiprah ponsel itu jauh dari kata berhasil, dan selamanya ia akan dikenang sebagai produk gagal yang memulai tren notch pada smartphone, bahkan sebelum iPhone X diresmikan.

Selain smartphone, Essential sebenarnya juga sempat mengumumkan Essential Home, sebuah smart display speaker ala Google Home, tapi yang menjalankan sistem operasi rancangan Essential sendiri bernama Ambient OS. Namun seperti yang kita tahu, produk tersebut tidak pernah terwujud.

Essential Home / Essential

Tahun 2018, Essential malah diberitakan bakal menjual seluruh asetnya, sebelum akhirnya memecat sepertiga dari total karyawannya. Perusahaan yang tadinya mempunyai valuasi sebesar $1,2 miliar bahkan sebelum merilis produknya justru semakin terpuruk seiring berjalannya waktu.

Dampak dari ditutupnya Essential, smartphone pertama dan satu-satunya itu tadi tidak akan lagi menerima software update. Sebagai gantinya, Essential merilis source code-nya ke GitHub supaya bisa diulik sendiri oleh komunitas penggunanya. Newton Mail, layanan yang Essential akuisisi dari startup CloudMagic, juga bakal berhenti beroperasi mulai 1 Mei 2020.

Sumber: Ars Technica.