Categories

Berita

Layanan P2P Lending Esta Kapital Fintek Incar Kawasan Timur Indonesia

Didukung Esta Dana Ventura

Yenny Yusra - 27 April 2018

Layanan peer-to-peer lending mulai dilirik sebagai cara memperoleh pemodalan alternatif bagi pelaku UKM di Indonesia. Tidak hanya soal kecepatan dan kemudahan peminjaman, peraturan yang sangat fleksibel dan return (bagi pemberi pinjaman) yang menarik merupakan alasan mengapa layanan P2P semakin marak.

Didukung Esta Dana Ventura, layanan P2P lendingEsta Kapital Fintek mengklaim memiliki perbedaan di sisi keuntungan untuk lender dan borrower, hingga target pasar yang diincar.

Menyasar kawasan Timur Indonesia

Direktur Esta Kapital Fintek Junjungan Rumapea mengungkapkan, Esta Kapital Fitek secara khusus akan menyasar kawasan Timur Indonesia yang saat ini masih minim memperoleh modal alternatif, terutama untuk pelaku UKM.

“Kami ingin mencoba menyasar pasar di Indonesia Timur yang saat ini belum secara optimal diincar oleh pemain P2P lending lainnya.”

Nantinya borrower yang sudah menjadi bagian Esta Dana Ventura menjadi prioritas Esta Kapital Fintek untuk didanai. Esta Dana Ventura sudah tersebar di 700 kelurahan dengan total konsumen lebih dari 60 ribu. Mereka memiliki 60 kantor cabang yang tersebar di Maluku Utara, Jawa Barat, Sulawesi, Banten dan DKI Jakarta.

Untuk memastikan para borrower menerima informasi yang tepat dan kesempatan untuk menjadi agen, Esta Kapital Fintek juga menurunkan konsultan bisnis langsung ke lokasi borrower yang diincar.

“Saat ini melalui Esta Dana Ventura kami sudah memiliki peminjam yang sudah terverifikasi dan telah melalui proses credit scoring yang ketat, sehingga menjamin kredibilitas peminjam tersebut,” kata Junjungan.

Peminjam yang saat ini telah terverifikasi kebanyakan adalah ibu-ibu yang memiliki usaha warung hingga toko kue di pelosok kota. Selain menjadi peminjam, mereka juga diberikan peluang menjadi agen Esta Digital Niaga. Masyarakat umum yang mendaftar menjadi agen selanjutnya bisa mendapatkan kesempatan menjadi peminjam di Esta Kapital Fintek.

Saat ini penjualan produk digital yang tersedia adalah pembelian pulsa. Ke depannya produk akan ditambah dengan membangun Kiosk Digital. Rencana tersebut akan diwujudkan sekitar pertengahan tahun 2018 ini.

Saat ini Esta Kapital Fintek telah membiayai 404 pengusaha mikro dengan nilai yang telah disalurkan mencapai Rp1,64 miliar dan mengklaim total pembayaran 100% tepat waktu.

Peminjam dapat mulai berinvestasi mulai dari Rp3.300.000 dengan bunga 8-15% flat per tahun dan pengembelian setiap minggunya. Esta Fintek Kapital disebut telah bermitra dengan Bank Sinarmas, BCA, Mandiri, dan KEB Hana Bank.

Target pemberi pinjaman

 

Untuk target lender sendiri, Esta Kapital Fintek mengincar pengguna yang berusia di atas 21 tahun. Perusahaan juga berencana meluncurkan program Goes To Campus yang bertujuan mengajak kalangan mahasiswa menabung dan berinvestasi di Esta Kapital Fintek.

Untuk memudahkan proses pembelian dan memonitor investasi yang ada, Esta Fintek Kapital berencana meluncurkan aplikasi mobile.

“Dengan ijin yang sudah kami kantongi dari OJK, Esta Kapital Fintek ingin menjadi platform P2P Lending yang bisa membantu kalangan UKM. Bukan hanya memberikan modal namun juga peluang memiliki usaha digital sendiri,” kata Advisor Esta Kapital Fintek Ronny Harianto.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter