Categories

Gadget

Estream Ialah Power Bank Sekaligus Generator Mini Berbasis Turbin

Siang ataupun malam, energi listrik dapat terus dihasilkan dan disimpan selama ada sumber air bergerak

Glenn Kaonang - 30 August 2016

Kegiatan kita selama berkemah sekarang tentunya sudah berbeda dibanding 10 tahun yang lalu. Dahulu belum ada smartphone, gadget yang kita bawa mungkin mentok hanyalah sebuah iPod. Sekarang, tas ransel kita dipenuhi tablet, Kindle sebagai pengganti buku, GoPro dan lain sebagainya.

Pergeseran tren ini menjadikan power bank sebagai barang bawaan wajib saat berkemah. Sederhananya, selagi kita menikmati alam luar, kita juga tetap ingin semua gadget yang kita gunakan tetap terisi baterainya.

Hal ini juga memicu munculnya gadget-gadget baru yang bisa menjadi alternatif penyuplai daya di saat berkemah. Salah satu contohnya adalah BioLite CampStove, sebuah kompor mini berbahan kayu bakar yang bisa mengubah sisa energi panas menjadi energi listrik untuk ponsel.

Perangkat lain yang tidak kalah menarik adalah buatan startup asal Korea berikut ini. Namanya Estream, dan ia pada dasarnya merupakan generator mini berbasis turbin yang bisa menghasilkan energi listrik hanya dengan diletakkan pada sumber air yang bergerak, sungai misalnya.

Desain Estream yang modular membuat potensi penggunaannya jadi semakin luas / Energy Nomad

Wujud Estream begitu ringkas. Ketika sedang tidak digunakan, baling-balingnya bisa dilipat sehingga perangkat pun menyerupai sebuah botol minum dengan bobot 800 gram. Karena tujuannya menghasilkan energi listrik dari gerakan air, tentu saja seluruh bodinya didesain tahan air.

Di dalamnya bernaung baterai berkapasitas 6.400 mAh yang bisa terisi penuh setelah sekitar 4,5 jam dicelupkan di dalam air yang bergerak. Port USB-nya mempunyai output sebesar 7,5 watt, dapat mengisi baterai milik smartphone, GoPro atau bahkan tablet dua kali lebih cepat ketimbang colokan listrik standar.

Potensi penggunaan Estream sangatlah luas. Anda bisa mencantolkannya di perahu kayak untuk mengumpulkan energi listrik. Saat sedang tidak berkemah pun, Estream tetap bisa dipakai layaknya power bank biasa; desainnya modular, sehingga Anda bisa melepas semua komponen yang tidak diperlukan seperti baling-baling dan generatornya.

Saat ini Estream sedang menjalani kampanye crowdfunding di Kickstarter. Konsumen yang tertarik bisa memesannya seharga $180. Harga retail-nya diperkirakan berkisar $250.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter