1. Startup

Eternal Grace, Proyek Game Pertama di Wujudkan

Di Kickstarter, sebuah proyek game berjudul “Double Fine Adventure” pernah memecahkan rekor mendapatkan pendanaan terbanyak. Double Fine Adventure mendapatkan dukungan dari 87.142 orang dan mendapatkan dana sebesar 3.336.371 dollar Amerika (sekitar 834% dari jumlah yang sebenarnya yang dibutuhkan, 400.000 dollar Amerika).

Banyak juga proyek game lain yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kickstarter. Bagaimana jika sebuah proyek game berharap mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan (dengan crowdfunding) di Indonesia?

Hal ini dicoba oleh Enthrean Guardian, yang men-submitsebuah proyek game di Wujudkan. Proyek game berjudul Eternal Grace tersebut membutuhkan dana sebanyak 50 juta Rupiah yang ditunggu sampai dengan 9 Agustus 2012.

Menurut deskripsi yang diberikan oleh tim Enthrean Guardian pada halaman Wujudkan, Eternal Grace merupakan sebuah game ber-genre J-RPG berbasis PC yang memadukan gameplay klasik ala Dragon Quest dengan sistem pertarungan Action yang dipopulerkan oleh serial Tales. Game ini juga disebut memasukkan unsur-unsur Indonesia yang dikemas dalam gaya penceritaan yang unik dan menarik.

Sebelumnya Enthrean Guardian telah merilis Eternal Grace episode 1 ke pasar internasional pada pertengahan April 2011. Meskipun beberapa blog game menyebut Eternal Grace sebagai game bagus dan potensial, sayangnya uang hasil penjualan game episode 1 tersebut tidak cukup untuk membiayai keseluruhan game yang direncanakan dibuat sampai episode 3.

Karenanya, Enthrean Guardian yang anggotanya tersebar di beberapa kota di Indonesia, memutuskan untuk memasukkan game ini ke Wujudkan. Untuk mereka yang mendukung proyek game ini, Enthrean Guardian menyiapkan beberapa reward kepada para pendukungnya. Salah satunya, jika ada yang mendonasikan dana di atas 10 juta Rupiah, sang donatur berhak untuk menambahkan satu quest dan berhak memberi nama satu karakter selain mendapatkan beberapa suvenir lainnya.

Sampai tulisan ini ditulis, telah ada donatur yang siap mendonasikan dana sejumlah Rp 2.010.000. Masih ada 3 bulan lagi sampai proses pengumpulan dana untuk proyek ini akan ditutup. Anda yang tertarik untuk mendukung proyek ini, bisa cek situs Wujudkan di sini. Jika melihat kesuksesan proyek-proyek game di Kickstarter, akankah proyek game Indonesia di Wujudkan juga akan berhasil?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again