1. Startup

Event Report: 4th GameLan Meetup - My Game, My Idealism

Pada hari Jumat tanggal 27 Januari 2012 yang lalu, event komunitas startup game dev di Yogyakarta yaitu GameLan, mengadakan acara meetup keempat mereka. Meetup GameLan keempat kali ini sangat seru dibanding meetup sebelumnya, para peserta yang hadir setia menunggu sampai acara selesai.

Acara kali ini dihadiri oleh kalangan game developer (programmer, artist, designer), mahasiswa, dan mereka yang tertarik dengan bidang game, yang kebanyakan berdomisili di Yogyakarta.

Meetup kali ini didukung oleh SparxUp Awards, ADGY (Asosiasi Developer Game Yogyakarta), MatchMove, AMD, dan Quadra. Seperti yang kami sebutkan pada artikel sebelumnya, meetup GameLan kali ini dibagi menjadi dua sesi yaitu main session dan additional session. Tampaknya ada tambahan sesi yaitu mini session.

Pada main session diisi oleh Jasson Prestiliano dari Enthrean Guardian, Kornelius Heru Cakra Mukti dari CornicleGames, dan yang terakhir NightSpade.

Jasson dari Etherean Guardian mempresentasikan tentang awal dikembangkannya game Eternal Grace, yang kemudian rilis Episode 1. Jasson juga menceritakan bagaimana perbandingan idealisme yang ia pegang dengan kenyataan yang ia hadapi dalam pengembangan game, meski tidak semua sesuai dengan mimpi-mimpinya, namun mereka tidak patah semangat, justru mendata perkembangan game development mereka sehingga bisa mencari solusi dan belajar dari pengalaman.

Pembicara berikutnya adalah Kornelius dari CornicleGames yang mendemokan game engine buatan mereka yang berguna untuk mempermudah pengembangan game, beberapa jenis game yang bisa dibuat dengan engine ini antara lain racing, puzzle, adventure dan game ‘ketik-mengetik’.

Presentasi selanjutnya dari Nightspade, yang mempresentasikan awal dikembangkannya studio game ini, dan menunjukan game-game yang telah mereka produksi. Beberapa game yang Nightspade produksi pernah menang diajang kompetisi seperti SparxUp Awards 2011, Indigo Fellowship 2011, dll.

Kemudian pada additional session diisi oleh beberapa game developer lokal yang memamerkan game buatan mereka diantaranya adalah Creacle Studio yang mendemokan dua game buatan mereka yaitu Virtual Pet dan Alay The Kite Runner. Kemudian dari StellarNull yang mendemokan game mereka, salah satunya adalah Pixle yang diikut sertakan di event LudumDare48. Lalu dari Movin Studio mendemokan game buatan mereka di platform iOS yaitu Rolling Babaa.

Ada juga dari Hajinguk Project (sebuah kelompok belajar yang fokus di game development) yang mendemokan game mereka yaitu Panic UFO Panic yang pernah kami bahas di DailySocial beberapa waktu yang lalu. Dan dari Soybeansoft kembali mendemokan game yang sedang mereka kembangkan yaitu Hunter Story, yang pada acara ini juga resmi launching open beta. Terakhir adalah dari Agate Jogja yang mendemokan serial game mereka yaitu Titok dan Kawan kawan.

Dan pada mini session terdapat info-info singkat dari East Venture Alpha, kemudian portal gameMatchMove.com, GudangVoucher.com, MariNyanyi.com, Biznet, dan Samsung.

Dari event GameLan kali ini, terlihat bahwa potensi game development di Yogyakarta memang sangat besar. Antuiasme para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terhadap game development pun sangat tinggi. Menarik juga untuk menunggu event besar di bidang game nanti yaitu Jogja Game International Game Summit, pastinya akan muncul potensi lebih banyak lagi di dunia game development dari Yogyakarta. So, mari kita tunggu event GameLan dan berbagai event game lain di Yogyakarta. ;)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again