1. Startup

Event Report: Meetup Mozilla WebForward (WebFWD) di Bandung, Jadi yang Pertama di Asia

Bandung menjadi tempat pertama di Asia untuk diperkenalkannya WebFWD, sebuah proram akselerasi dari Mozilla. Seperti yang diberitakan sebelumnya di DailySocial, WebFWD mengadakan meetup di Bandung pada hari kemarin. Meetup pertama di Indonesia sekaligus di Asia ini dilakukan di dua tempat, yang pertama bertempat di Kampus ITB dan yang kedua di Ruang Mang Ohle, Pikiran Rakyat Bandung.

Saya, sayangnya tidak sempat hadir di ITB dan hanya ikut hadir di acara yang kedua. Menurut Fauzan Alfi A, Bandung Regional Leader Komunitas Mozilla Indonesia acara yang di ITB cukup mendapat respon positif, tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa dari ITB tetapi juga dari Universitas lain seperti IT Telkom dan lainnya. Para peserta juga cukup antusias dalam mengikuti presentasi dari Diane Bisgeier (Program Manager, Mozilla WebFWD) yang pada dasarnya menjelaskan tentang program WebFWD, beberapa detail, termasuk nama project yang sudah ikut program akselerasi ini serta beberapa penggumuman yang berhubungan dengan komunitas Mozilla.

Untuk acara yang kedua, sayangnya peserta yang hadir tidak terlalu banyak, bisa jadi ada kendala cuaca, lokasi dan mungkin waktu, hari Senin dan masih jam kerja. Acara kedua ini lebih diperuntukkan untuk kalangan umum. Namun dari peserta yang sedikit, tidak menutup antusias para peserta, termasuk beberapa pertanyaan yang ditujukan langsung pada Diane.

WebFWD adalah program akselerasi dari Mozilla yang mendukung pengembangan berbagai proyek/produk atau startup yang mengembangkan teknologi yang fokus pada keterbukaan, inovasi serta peluang di web. project atau startup yang dicari juga yang dalam tahap early stage. Diane juga menjelaskan bahwa WebFWD ingin membantu pengembangan yang terjadi dengan cara baru dan menjadikan berbagai proyek yang sesuai dengan misi WebFWD untuk menjadi produk jadi yang sustainable.

Dalam presentasinya Diane menjelaskan juga ada beberapa project yang telah berjalan, beberapa diantaranya OpenPhoto,CashMusic, Synbiota dan Verese.

Dijelaskan juga tentang manfaat yang bisa didapatkan dari akselerasi ini, karena bersifat terbuka dan berfokus pada konsep kolaboratif, tidak ada batasan untuk mendaftarkan diri, proses konsultasi dengan para mentor, diskusi dan lain sebagainya juga dilakukan secara online, meski Diane juga menjelaskan bahwa ada rencana untuk melakukan pertemuan secara offline. Mentor yang terdiri dari berbagai orang yang telah pengalaman di dunia internet atau pemrograman juga menjadi salah satu keunggulan program ini. Beberapa dukungan juga diberikan seperti support untuk masalah legal, server, kontak dengan investor serta komunitas Mozilla yang luas, dan lain sebagainya.

Selain mencari project/produk atau startup, WebFWD juga menerima pendaftaran bagi mereka yang ingin menjadi Scout serta mentor yang ingin ikut berperan dalam mengembangkan produk, startup atau teknologi seputar open web. Informasi selengkapnya tentang WebFWD bisa dilihat di situs resmi mereka.

Saya pikir ini adalah sebuah program menarik yang ditawarkan oleh Mozilla dan bisa menjadi alternatif atau program pilihan lain yang berbentuk akselerasi. Selain pendekatan teknologi yang bersifat Open Web, program ini juga tidak menutup kemungkinan bagi startup yang ingin mengikuti program, karena acuan project yang dikembangkan adalah menjadi produk yang berkelanjutan dan bisa berjalan sendiri, artinya kemandirian serta aspek bisnis juga ikut diperharikan. Namun tetap sesuai misi dari program ini.

WebFWD sendiri menggelar program berdurasi 6 bulan (untuk yang diluar US) salah satu alasannya adalah dengan jangka waktu yang lama diharapkan pengembangan serta proses mentoring bisa lebih membantu pengembangan produk.

Berikut wawancara singkat dengan Diane Bisgeier. Mohon maaf jika kualitas video kurang baik, saya lupa menyalakan flash.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again