18 January 2017

by Glenn Kaonang

Evernote 8.0 untuk iOS Didesain Ulang untuk Berfokus pada Kecepatan dan Kelugasan

Harapannya pengguna bisa lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat catatan baru ketimbang mengorganisasikannya

Dari kacamata pribadi, Evernote merupakan aplikasi pembuat catatan yang paling komplet. Akan tetapi kelengkapan tersebut membuat Evernote jadi lebih kompleks dibanding aplikasi lain yang sejenis. Navigasi yang rumit terkadang bisa menghambat jalannya pengumpulan ide, dimana dibutuhkan sejumlah tap ekstra hanya untuk membuat catatan baru.

Beruntung Evernote telah melakukan perombakan besar-besaran pada aplikasi iOS-nya. Evernote versi 8.0 ini telah didesain ulang guna mengedepankan kecepatan dan kelugasan. Harapannya, pengguna bisa lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membuat catatan dan mengumpulkan ide-ide baru ketimbang mengorganisasikannya.

Tampilan home screen kini diganti oleh deretan catatan terbaru pada Evernote versi 8.0 / Evernote

Pada versi barunya, hilang sudah home screen yang selama ini muncul ketika kita pertama kali membuka aplikasi. Sebagai gantinya, Evernote 8.0 menampilkan deretan catatan yang terakhir Anda buat atau edit. Jadi dengan satu tap saja, Anda bisa langsung melanjutkan pekerjaan sebelumnya.

Untuk membuat catatan baru, Anda bisa langsung menyentuh tombol "+" berwarna hijau. Tahan sebentar tombol ini, maka akan muncul opsi untuk merekam audio, mengambil gambar dan menetapkan reminder untuk catatan-catatan tertentu. Cepat dan lugas.

Pengguna kini dapat mengganti warna teks dalam Evernote 8.0 / Evernote

Formatting teks kini jadi bertambah lengkap, dimana Anda bisa mengganti ukuran dan warna teks untuk membuat header atau subheader, atau sekadar untuk menyoroti poin-poin tertentu.

Mencari catatan juga lebih mudah dalam Evernote 8.0, dimana Anda bisa menampilkan hanya catatan yang disertai reminder dengan menyentuh icon bergambar alarm di bagian teratas daftar catatan. Anda juga bisa mem-filter catatan berdasarkan tag-nya jika perlu.

Untuk berganti notebook, tap label yang paling atas. Terakhir, Evernote 8.0 juga memberikan kemudahan bagi para pelanggan Evernote Business untuk berganti antara akun pribadi dan akun kerjanya sehingga tidak akan ada lagi resep masakan yang tersasar ke deretan hasil meeting bersama kolega.

Sumber: Evernote Blog.