30 April 2015

by Glenn Kaonang

Evernote Hadirkan Paket Berbayar Baru dan Perbarui Fitur Premium

Bukan suatu rahasia jika Evernote bisa digunakan secara cuma-cuma. Layanan note taking berbasis cloud ini sudah beroperasi hampir tujuh tahun sejak pertama diluncurkan dalam versi open beta di pertengahan tahun 2008, dan user base-nya pun cukup besar sekarang.

Bersamaan dengan opsi cuma-cuma, Evernote juga menawarkan paket Premium dengan biaya berlangganan. Bagi yang belum mengetahui, salah satu keunggulan Evernote Premium dibanding Evernote Basic yang gratis adalah kapasitas upload yang besar setiap bulannya, plus kemampuan memberikan anotasi pada file PDF yang di-attach maupun mengakses catatan versi sebelumnya.

Sebelum ini, batas upload maksimum per bulan untuk Evernote Premium adalah 1 GB, akan tetapi Evernote telah merevisinya; pengguna Evernote Premium kini bisa mengunggah tanpa batas setiap bulannya. Sebagai pembanding, Evernote Basic hanya menawarkan kapasitas upload maksimum 60 MB per bulannya.

Hal ini berarti semua catatan kecil, riset online, diskusi kelompok maupun data presentasi Anda bisa disimpan di dalam satu tempat tanpa batasan kapasitas. Evernote Premium kini juga bisa mengakomodasi ukuran file setiap note yang lebih besar, tepatnya hingga 200 MB.

Penambahan fasilitas ini juga berujung pada kenaikan tarif berlangganan. Evernote Premium kini dihargai $6 per bulan, atau $50 per tahun. Pengguna yang sudah berlangganan Evernote Premium sebelum ini akan mendapat penawaran harga lama selama setahun ke depan.

Info menarik: Berlangganan Evernote Premium Kini Bisa Melalui Kios Digital Sevelin 7-11

Selain memperbarui paket Premium, Evernote juga memperkenalkan paket berbayar baru, yakni Evernote Plus. Evernote Plus diposisikan tepat di antara Evernote Basic dan Evernote Premium, menjangkau pengguna yang lebih luas berkat tarifnya yang lebih terjangkau.

Dengan biaya $3 per bulan atau $25 per tahun, pengguna Evernote Plus akan mendapatkan kapasitas upload maksimum 1 GB per bulannya. Paket ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses catatan di Evernote secara offline, plus mengubah email menjadi sebuah catatan di akun Evernote-nya.

Anda bisa melihat rincian baru dan komparasi tiap-tiap paket Evernote di situs resminya.

Sumber: Evernote Blog. Gambar header: Evernote.