1. Lifestyle

Ingin Fokus, Evernote Singkirkan Clearly, Skitch dan Aplikasi Pebble

Dari tiga aplikasi tersebut, hanya Skitch versi OS X yang dipertahankan oleh Evernote

Demi fokus ke layanan intinya, Evernote baru saja mengumumkan langkah strategis untuk merampingkan diri dengan menutup sejumlah aplikasi dan ekstensinya. Aplikasi pertama yang menjadi korban adalah Skitch untuk seluruh platform mulai dari Windows, iOS, hingga Android, kecuali platform OS X. Korban kedua adalah ekstensi Evernote Clearly yang tadinya bertujuan membantu pengguna membuat catatan dari halaman web, terakhir aplikasi Evernote untuk Pebble.

Dengan resminya keputusan ini, maka aplikasi da ekstensi tersebut tidak akan dikembangkan lebih lanjut di masa mendatang. Evernote memberikan tenggat waktu hingga 22 Januari tahun depan, setelah itu ketiga aplikasi tidak akan dapat diunduh dari Evernote.

Kendati demikian, pengguna yang masih ingin menggunakan aplikasi setidaknya sampai tanggal yang ditentukan masih dapat mempergunakan aplikasi seperti biasa. Namun jangka panjangnya penggunaan aplikasi tidak akan optimal setelah seluruh dukungan terhadapnya tidak lagi tersedia. Pengguna perangkat berbasis OS X bernasib lebih baik, Evernote memutuskan untuk meneruskan pengembangan Skitch untuk platform besutan Apple tersebut. Mengindikasikan bahwa Skitch cukup berhasil merebut hati para pengguna Mac.

Sementara bagi platform yang ditinggalkan sebenarnya tak sepenuhnya dilupakan, Evernote memberikan alternatif yang setara untuk mereka. Pengguna Skitch bisa beralih ke aplikasi Evernote Windows dan iOS yang mempunyai fungsi anotasi yang mirip. Kemudian bagi pengguna Clearly bisa beralih ke Web Clipper Evernote dan aplikasi Powernote untuk para pemilik jam Pebble.

Sumber berita Evernote. dan gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again