Categories

Mobile

Evie Hadirkan Fitur ala Spotlight milik iOS ke Android

Pengguna bisa mencari informasi dan mengaksesnya di aplikasi yang relevan langsung dari hasil pencarian

Glenn Kaonang - 16 June 2016

Ada berapa banyak aplikasi di ponsel Android Anda? Puluhan? Ratusan? Terlepas dari itu, kemungkinan besar yang rutin Anda gunakan hanyalah segelintir saja. Bukan, ini sama sekali bukan salah Anda; tetapi memang kita kerap lupa bahwa ada aplikasi di ponsel kita yang menyimpan informasi yang kita cari, dan pada akhirnya kita lebih memilih berkonsultasi ke Google.

Contohnya begini: Anda hendak melihat trailer suatu film baru, The Secret Life of Pets misalnya. Reflek Anda langsung melakukan pencarian di Google, dan tentu saja video YouTube-nya langsung muncul di paling atas; padahal di ponsel Anda ada aplikasi IMDb Movies & TV yang tak hanya mengemas trailer-nya saja, tetapi juga informasi-informasi lain mengenai film tersebut.

Alhasil, sia-sia Anda mengunduh aplikasi IMDb. Akan tetapi dengan bantuan aplikasi bernama Evie, Anda tak perlu khawatir kejadian seperti ini terulang lagi. Misi Evie sangat sederhana, yakni membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari di ponselnya.

Selesai di-install, Evie akan mengganti home screen ponsel dengan versinya sendiri. Home screen milik Evie ini sangatlah minimalis, cuma ada satu halaman saja untuk menempatkan aplikasi-aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Lalu bagaimana dengan sisanya? Well, itulah fungsi dari search bar yang ada di sisi paling atasnya.

Contoh penggunaan Evie dalam berbagai skenario / Google Play

Dari search bar ini Anda bisa mencari aplikasi dan membukanya langsung, atau Anda juga bisa mencari informasi tertentu, lalu membukanya di suatu aplikasi – contohnya trailer film dan aplikasi IMDb tadi. Contoh lain, Anda juga bisa mencari suatu restoran, lalu memesan Uber menuju tempat tersebut langsung dari hasil pencarian Evie.

Pengembang Evie bahkan berencana untuk mengintegrasikan fitur Android Instant App yang Google perkenalkan di event Google I/O 2016 kemarin, sehingga nantinya pengguna bisa membuka hasil pencarian di aplikasi yang belum ter-install pada ponselnya ketimbang harus mengunjungi situsnya viabrowser.

Secara keseluruhan, Evie bisa dilihat sebagai ekuivalen dari fitur Spotlight di iOS. Ia tak hanya mampu mengenali aplikasi apa saja yang terdapat pada ponsel, tetapi juga informasi dan konten yang tersimpan di dalam masing-masing aplikasi.

Evie saat ini sudah tersedia secara cuma-cuma di Google Play. Satu catatan dari pengembangnya: mereka sejauh ini baru punya database yang relevan dengan pengguna di Amerika Serikat saja, jadi mungkin kegunaannya di kawasan lain sedikit berkurang.

Sumber: TechCrunch dan Evie Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter