26 July 2017

by Glenn Kaonang

Aplikasi Explorest Bantu Fotografer Temukan Spot Foto Baru dengan Sangat Presisi

Begitu presisinya, aplikasi akan menunjukkan titik dimana fotografer berdiri dan membidikkan kamera

Fitur geotagging di Instagram sebenarnya sudah bisa membantu kita mencari spot foto baru yang begitu indah dan menanti untuk diabadikan. Namun kalau Anda mencari panduan lokasi foto yang lebih mendetail, ada baiknya Anda melirik aplikasi iOS baru bernama Explorest berikut.

Explorest tidak cuma menampilkan lokasi foto di peta begitu saja, tetapi juga koordinat GPS-nya secara presisi sesuai dengan titik dimana sang fotografer berdiri dan mengambil gambar. Yup, misal Anda hendak mengambil foto Marina Bay Sands selagi matahari terbenam, Explorest akan menunjukkan titik yang paling tepat untuk membidikkan kamera.

Data-data ini didapat dari fotografer lokal. Mereka bakal mendapat imbalan beberapa persen dari pendapatan yang Explorest terima untuk setiap in-app purchase yang dibeli pengguna. In-app purchase senilai $5 per bulan (atau $30 per tahun) ini dibutuhkan untuk membuka akses terhadap informasi lokasi yang lebih lengkap, termasuk koordinat GPS itu tadi.

Selain titik pemotretan, Explorest juga akan menyajikan informasi yang tak kalah penting seperti waktu dan cara terbaik untuk datang ke lokasi, prakiraan cuaca, serta pengaturan kamera yang digunakan untuk mengambil setiap gambar.

Untuk sekarang Explorest baru menyediakan panduan lokasi di Singapura saja, tapi mereka berjanji untuk memperluas cakupannya ke negara-negara lain dalam waktu dekat. Buat pengguna iPhone yang tertarik mencoba, Explorest bisa diunduh dengan gratis dari App Store, dan fitur premiumnya juga bisa dinikmati secara cuma-cuma sampai tanggal 31 Juli mendatang.

Sumber: DPReview.