Kabar gembira bagi para pemilik headset Samsung Gear VR, Anda sekarang punya cara yang lebih mudah untuk menikmati foto dan video 360 derajat lewat aplikasi Facebook 360 yang belum lama ini diumumkan.

Diperkirakan setidaknya sudah ada lebih dari 25 juta foto 360 derajat dan lebih dari 1 juta video 360 derajat yang diunggah ke Facebook. Aplikasi ini pada dasarnya membuka pintu akses ke jutaan konten immersive ini lebar-lebar, tentu saja selama Anda menggunakan Gear VR.

Facebook 360 menyuguhkan empat macam feed: Explore, Following, Saved dan Timeline. Explore, sesuai namanya, berisi konten-konten 360 derajat yang populer di Facebook, baik yang berasal dari media dan organisasi ternama maupun kreator indie. Following di sisi lain menyajikan konten 360 derajat yang diunggah oleh teman-teman Anda beserta Page yang Anda ikuti.

Untuk konten 360 derajat yang Anda simpan dari News Feed, semuanya akan tersaji di tab Saved. Terakhir, Timeline berisikan foto dan video 360 derajat hasil unggahan Anda sendiri.

Anda bisa membubuhkan Like, Reaction maupun membagikan konten ke timeline sendiri dari dalam Facebook 360 / Facebook
Anda bisa membubuhkan Like, Reaction maupun membagikan konten ke timeline sendiri dari dalam Facebook 360 / Facebook

Anda juga dapat membubuhkan Like maupun reaksi lainnya, dan bahkan membagikan konten yang sedang Anda nikmati langsung dari dalam aplikasi Facebook 360 hanya dengan mengarahkan kursor pandangan. Untuk mempercepat video, Anda tinggal mengarahkan pandangan ke bawah dan menahannya di atas tombol Play.

Secara keseluruhan pengalamannya dipastikan optimal, karena kalau dipikir-pikir, Gear VR meminjam teknologi rancangan Oculus, sedangkan Oculus sendiri merupakan anak perusahaan dari Facebook. Kalau Anda mempunyai Gear VR, silakan unduh Facebook 360 secara cuma-cuma langsung dari Oculus Store.

Sumber: Facebook.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.