Categories

Mobile

Facebook Uji Fitur "Add a Link", Memudahkan Pengguna untuk Mencari dan Berbagi Link di Perangkat Mobile

Glenn Kaonang - 12 May 2015

Facebook kabarnya tengah menguji fitur baru bernama "Add a Link". Fitur ini dirancang agar pengguna aplikasi Facebook di perangkat mobile bisa lebih mudah berbagi link ke artikel-artikel yang menarik.

Kabar ini pertama muncul ketika sejumlah pengguna mengamati ada yang sedikit berbeda dari aplikasi Facebook di perangkat iOS. Selain tombol untuk menyelipkan foto, stiker dan lokasi, mereka mendapati sebuah tombol baru, yakni tombol "Add a Link" tersebut ketika hendak meng-update status.

Saat di-tap, pengguna bisa meng-inputkeyword pencarian, lalu akan tampil daftar link ke berbagai artikel dari bermacam situs. Terdapat opsi preview untuk masing-masing link sehingga Anda bisa membaca artikel-artikel tersebut terlebih dulu. Jika Anda hendak membagikannya, cukup tap tombol "Add Link" di bagian bawah, tambahkan sedikit komentar jika mau dan post.

Info menarik: Ngobrol di Facebook Messenger Makin Seru dengan Fitur Baru, Panggilan Video

Kabar ini rupanya telah dikonfirmasi oleh Facebook sendiri. Berbicara kepada TechCrunch, seorang perwakilan Facebook memaparkan bahwa mereka tengah menguji cara baru untuk menjejalkan link yang sudah tersebar di Facebook ke dalam status atau komentar seorang pengguna.

Pengujian tersebut tampaknya baru mencakup pasar Amerika Serikat saja, dan kemungkinan besar akan melibatkan para pengguna di negara-negara lain terlebih dulu sebelum dijadikan fitur tetap.

Lalu apa maksud "link yang sudah tersebar"? Menurut penjelasan perwakilan Facebook tersebut, mereka telah mengindeks lebih dari satu triliun post yang beredar di Facebook untuk dijadikan database pencarian. Facebook tidak mengandalkan Google atau Bing di sini, melainkan data-data yang mengalir di jaringan milik Facebook sendiri.

Sejatinya ada dua dampak positif yang bisa dipicu fitur "Add a Link" ini. Yang pertama adalah kemudahan bagi para pengguna perangkat mobile untuk berbagi link tanpa harus berganti-ganti aplikasi. Mereka bisa mencari link di Facebook, membacanya secara langsung, lalu membagikannya ke rekan-rekannya – semuanya menggunakan satu aplikasi yang sama.

Info menarik: Unboxing dan Review Lumia 640 XL, Smartphone untuk Bekerja dan Hiburan

Kedua, fitur "Add a Link" ini bisa dimanfaatkan untuk memverifikasi hoax. Jadi, sebelum menuliskan status "RIP aktor idolaku, (isi nama sendiri)," misalnya, kita bisa menuliskan keyword nama aktor tersebut di "Add a Link" untuk mencermati beragam berita yang beredar. Kalau terbukti hoax, kita bisa langsung membagikan link ke artikel tersebut agar tidak banyak orang yang ikut tersesatkan.

Skenario di atas memang hanya bayangan pribadi saya saja, akan tetapi saya yakin masih ada potensi lain yang bisa diberikan oleh fitur ini. Bagaimana pendapat Anda sendiri? Sampaikan di kolom komentar ya…

Sumber artikel dan gambar: TechCrunch. Gambar header: Facebook mobile app via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter