Categories

Berita

Facebook Akan Ubah Pilihan Pada Fitur Friend Request

Wiku Baskoro - 20 September 2010

Facebook dikabarkan akan mengubah cara pertemanan para pengguna mereka, terutama tentang pilihan yang berhubungan dengan Friend Request. Jika sebelumnya ada dua pilihan yang berhubungan dengan permintaan pertemanan ini yaitu terima atau tolak, maka kini Facebook menyediakan pilihan baru yaitu 'Not Now'.

Seperti yang dituliskan oleh InsideFacebook, nantinya permintaan pertemanan yang biasanya muncul akan menyediakan dua pilihan yaitu 'Confirm' atau 'Not Now'. Ketika Anda memilih pilihan 'Not Now' maka permintan pertemanan ini akan disimpan dalam menu khusus yang dinamakan 'hidden request'.

Pilihan ini memungkinkan pengguna untuk menunda permintaan pertemanan dari pengguna lain dan menyimpan permintaan pertemanan ini pada pilihan khusus, dan melakukan pilihan kembali apakah akan menerima permintaan pertemanan tersebut atau menghapusnya.

Facebook juga dikabarkan akan mengubah cara permintaan pertemanan melalui fitur ini sehingga tidak muncul permintaan yang sama secara berkali-kali. Lewat fitur ini, nantinya ketika pengguna melakukan pilihan untuk menyimpan permintaan pertemanan kemudian menghapusnya, akan ada pilihan untuk mengatakan bahwa Anda tidak mengenal pengguna tersebut, Facebook akan mem-block pengguna tersebut untuk melakukan permintaan pertemanan kembali dikemudian hari.

Fitur ini bisa menjadi sebuah fitur yang menarik, terkesan sederhana namun bisa membuat proses keterikatan diredefinisi, misalnya proses penolakan pertemanan terkadang berpengaruh pada tingkat kesibukan pengguna, mungkin Anda menolak permintaan pertemanan tertentu karena muncul notifikasi yang terlalu banyak, padahal mungkin Anda tidak sempat melihat profil pengguna tersebut dan ternyata Anda mengenal orang itu, fitur 'Not Now' memungkinkan Anda untuk menunda proses permintaan dari pengguna lain dan mempersilahkan pengguna untuk melakukan konfirmasi ulang ketika mereka punya waktu untuk mengecek apakah Anda mengenal pengguna ini atau tidak.

Fitur ini juga bisa membuat keterikatan antara pengguna Facebook semakin bertambah, karena ada proses tambahan yang menjadikan pengguna tidak bisa secara langsung menolak permintaan pertemanan dari pengguna lain. Selain itu, fitur ini akan memberikan kemudahan agar pengguna tidak perlu lagi menolak berulang kali permintaan pertemanan yang sebelumnya sudah ditolak, memberikan data pada Facebook dan menjelaskan siapa saja relasi yang diinginkan oleh pengguna tertentu.

Sumber berita dan gambar InsideFacebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter