Categories

Social Media

Facebook Akuisisi Platform Berbagi GIF, Giphy

Google punya Tenor, sekarang Facebook punya Giphy

Glenn Kaonang - 18 May 2020

Salah satu situs berbagi GIF paling populer, Giphy, baru saja diakuisisi oleh Facebook. Meski kedua belah pihak enggan mengonfirmasi, nilai akuisisinya disebut berada di kisaran $400 juta.

Menurut laporan Axios, kedua pihak sudah sempat berdiskusi sejak sebelum pandemi melanda. Yang didiskusikan kala itu cuma sekadar kemitraan saja, namun ternyata seperti yang kita tahu sekarang, malah berujung pada akuisisi. Pasca akuisisi, Facebook berniat untuk semakin memperdalam integrasi koleksi masif Giphy pada aplikasi-aplikasi bikinannya, termasuk halnya Instagram.

Kalau melihat statistiknya, akuisisi ini terdengar sangat masuk akal. Facebook bilang 50% traffic Giphy berasal dari deretan aplikasi Facebook, dan separuh dari 50% itu datang dari Instagram semata. Instagram, seperti yang kita tahu, sudah cukup lama menyediakan integrasi Giphy sehingga pengguna dapat menyematkan GIF ke Story dengan mudah.

Itulah mengapa Facebook berniat menjadikan Giphy sebagai bagian dari tim Instagram. Kendati demikian, Giphy disebut masih akan mempertahankan branding-nya sendiri. Integrasi Giphy di layanan maupun platform lain seperti Slack, Reddit, atau Twitter juga disebut tidak akan terpengaruh oleh akuisisi ini.

Meski begitu, saya tidak akan terkejut kalau seandainya Twitter maupun layanan lain yang bersaing langsung dengan Facebook pada akhirnya melepas integrasi Giphy dan beralih sepenuhnya ke platform GIF serupa macam Tenor. Sebagai informasi, Tenor sendiri sudah diakuisisi oleh Google sejak tahun 2018.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter