Facebook Akuisisi PlayGiga, Indikasikan Ketertarikannya Terhadap Cloud Gaming

Facebook Akuisisi PlayGiga, Indikasikan Ketertarikannya Terhadap Cloud Gaming

PlayGiga adalah penyedia layanan cloud gaming asal Spanyol
Layanan cloud gaming PlayGiga sudah beroperasi di sejumlah negara dengan katalog yang berisikan lebih dari 300 game / PlayGiga
Layanan cloud gaming PlayGiga sudah beroperasi di sejumlah negara dengan katalog yang berisikan lebih dari 300 game / PlayGiga

Cloud gaming, istilah ini sebenarnya sudah kita kenal sejak cukup lama, akan tetapi hype-nya baru naik belakangan ini berkat Google Stadia. Tahun depan, persaingan di industri ini bakal semakin ketat dengan meluncurnya layanan serupa dari Microsoft yang bernama xCloud, belum lagi rumor bahwa Amazon juga akan turut serta.

2019 belum berakhir, kini giliran Facebook yang dispekulasikan juga tertarik mencicipi peruntungan di ranah cloud gaming. Indikasinya adalah akuisisi yang mereka lakukan atas PlayGiga, sebuah startup asal Spanyol yang bergerak di bidang cloud gaming. Pertama kali diberitakan oleh media setempat CincoDias, akuisisi ini telah dikonfirmasi langsung oleh Facebook kepada CNBC.

CincoDias melaporkan bahwa Facebook membayar sekitar 70 juta euro untuk meminang PlayGiga, akan tetapi Facebook rupanya enggan berkomentar soal nominalnya. Nilainya memang kecil jika dibandingkan dengan akuisisi lain Facebook di sektor gaming, spesifiknya Oculus yang melibatkan mahar sebesar $2 miliar di tahun 2014, namun tetap saja akuisisi ini memicu spekulasi bahwa Facebook juga tertarik menjadi salah satu pemain di bidang cloud gaming.

Di situs PlayGiga sendiri, mereka bilang bahwa mereka masih akan terus melanjutkan kiprahnya di ranah cloud gaming, tapi sekarang dengan sebuah misi baru. Sebelum ini, layanan cloud gaming PlayGiga sudah beroperasi di Itali, Argentina, Chili dan Spanyol dengan katalog berisikan lebih dari 300 game berdasarkan info yang didapat Variety.

Sekali lagi semuanya masih berupa spekulasi, apalagi mengingat divisi gaming milik Facebook sejauh ini baru menawarkan koleksi Instant Games dan platform live streaming ala Twitch. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan industri cloud gaming tahun depan.

Sumber: CNBC.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Game
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…