Facebook Uji Fitur untuk Menghapus Komentar yang Mengandung Frasa-Frasa Abusive dan Spam

Facebook Uji Fitur untuk Menghapus Komentar yang Mengandung Frasa-Frasa Abusive dan Spam

Ada opsi baru "Ban these Words" pada fungsi moderasi komentar
Perhatikan opsi baru berlabel "Ban these Words" di sebelah kanan / Jane Manchun Wong
Perhatikan opsi baru berlabel "Ban these Words" di sebelah kanan / Jane Manchun Wong

Facebook dikabarkan sedang menguji fitur untuk meminimalkan masalah yang muncul akibat komentar negatif maupun spam. Kabar ini didapat pertama kali melalui seorang pengguna Twitter bernama Jane Manchun Wong, yang mengunggah screenshot yang menampilkan fitur baru tersebut.

Dari gambar itu bisa kita lihat ada opsi baru di sebelah kanan berlabel “Ban these Words”, kemudian di bawahnya ada dua frasa yang umum kita jumpai pada komentar spam. Berdasarkan penjelasannya, komentar yang mengandung frasa-frasa tersebut bakal dihapus dari timeline sang pembuat post.

Fitur ini pada dasarnya bisa dilihat sebagai versi lebih otomatis dari fungsi untuk menyembunyikan atau menghapus komentar yang sudah ada sejak lama. Kalau hanya satu atau dua komentar memang bisa kita hapus dengan mudah, tapi kalau jumlahnya sudah mencapai puluhan atau bahkan ratusan, lebih baik prosesnya diautomasi saja.

Juga penting adalah fakta bahwa sang pembuat komentar tidak akan menyadari bahwa komentarnya telah dihapus. Ini diharapkan bisa mencegahnya memberi komentar serupa menggunakan akun lain.

Sayang sejauh ini belum ada keterangan sama sekali dari Facebook terkait apakah mereka bakal merealisasikannya untuk semua pengguna atau tidak. Kalau iya, semestinya fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh admin suatu Facebook Page, mengingat Page sering kali menjadi target utama para spammer.

Sumber: SlashGear.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…