Tak banyak yang tahu, bahwa Facebook punya satu aplikasi baru yang diberi nama Bonfire. Sebagai informasi, Bonfire ini juga aplikasi percakapan online tetapi difokuskan untuk panggilan video grup yang dirancang bagi kaum millenials dan menawarkan filter yang lagi-lagi mirip dengan milik Snapchat.

Bonfire pertama kali terendus pada bulan September di mana sejumlah pengguna iOS di negara pilihan sudah bisa mulai menggunakannya. Tetapi perlahan ketersediaan Bonfire mulai meluas. Pekan lalu sejumlah pengguna Android di Denmark sudah mendapati Bonfire di toko aplikasi Play Store. Hal ini menunjukkan bahwa Facebook telah sampai di tahapan lanjut, dan bukan tak mungkin dalam waktu dekat Bonfire sudah bisa digunakan secara global.

Dalam deskripsinya di Play Store, Facebook menjelaskan Bonfire sebagai aplikasi panggilan video grup yang menawarkan tempat baru bagi pengguna yang ingin bercengkrama dengan teman baik atau menemui teman-teman baru. Bonfire juga menyediakan beberapa pilihan filter untuk mengekspresikan diri, mengubah suasana obrolan jadi menyenangkan.

facebook-bonfire-640x380

Dan seperti kebanyakan portofolio Facebook, aplikasi Bonfire juga dapat terintegrasi dengan baik ke sejumlah layanan seperti Instagram, Facebook dan pastinya Messenger. Dari Bonfire, pengguna bisa juga membidik foto percakapan mereka untuk kemudian dibagikan ke Facebook atau Instagram.

Benar memang Bonfire baru tersedia di Denmark, tapi jika Anda tak sabar ingin mencobanya, silahkan unduh aplikasi berformat APK dari APKMirror.

Facebook memang dikenal gemar meniru fungsionalitas atau bahkan konsep keseluruhan layanan tertentu yang dianggap punya potensi menjegal. Kita sudah lama mendengar bagaimana putus asanya Facebook meniru Snapchat lewat sejumlah aplikasi inisiasinya. Sampai kemudian mereka lebih memilih untuk meniru fitur unggulan Snapchat dan menerapkannya ke produk yang sudah ada. Instagram Stories dan WhatsApp Status adalah contoh nyatanya. Berbeda dengan percobaan pertama, strategi Facebook kali ini berhasil dan hasilnya sudah terlihat.

Dalam kasus Bonfire ini, Facebook tampaknya membidik aplikasi Houseparty yang perlahan mulai merebut perhatian. Sebagai catatan, Houserparty adalah suksesor dari aplikasi live streaming yang gagal, Meerkat. Masih ingat? Nah, Houseparty ini lahir tahun lalu dan menawarkan fitur yang sangat mirip dengan Bonfire, panggilan video grup sampai dengan 8 teman sekaligus. Masih membawa kemampuan live Meerkat, tapi kali ini dipoles lebih privat.

Tetapi tentu masih terlalu dini untuk menilai manakah dari keduanya yang mampu bertahan. Meskipun Facebook punya segalanya, tapi fakta mengatakan, Facebook tak pernah berhasil mengalahkan Snapchat lewat proyek aplikasi barunya. Bukan tak mungkin Bonfire bernasib sama dengan Slingshot dan Poke yang pensiun dini.

Sumber berita Uberizmo dan Fortune.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.