Facebook memang sudah lama menawarkan fitur check-in, akan tetapi mungkin kita masih lebih memilih Foursquare untuk mendapatkan rekomendasi tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di suatu lokasi. Ke depannya mungkin bisa berubah, mengingat Facebook saat ini sedang menyiapkan fitur baru bernama City Guides.

Fitur ini dapat diakses lewat menu “More” di aplikasi Facebook. Di situ akan disajikan daftar kota di dunia yang kerap menjadi tujuan wisata sekaligus yang pernah teman-teman Anda kunjungi. Sentuh salah satu, maka akan muncul daftar tempat seperti hotel, restoran dan lain sebagainya yang pernah didatangi oleh teman-teman Anda tersebut – kemungkinan besar datanya berasal dari riwayat check-in itu tadi.

Lalu bagaimana ceritanya kalau Anda tidak punya banyak teman yang suka bepergian? Tidak masalah, sebab Facebook juga akan menampilkan daftar tempat yang sering dikunjungi penduduk lokal. Facebook juga tidak lupa untuk memberikan ringkasan komentar orang-orang yang pernah mengunjungi masing-masing tempat, yang sekali lagi juga berasal dari riwayat check-in.

Selain tempat yang pernah dikunjungi teman dan yang populer di kalangan warga setempat, City Guides ini juga akan menyuguhkan daftar bermacam event yang bakal diselenggarakan di kota tersebut, plus tujuan-tujuan para turis lainnya. Semua ini bisa ditandai dan disimpan untuk ditinjau lagi nantinya melalui tab Saved.

Facebook City Guides untuk sementara baru tersedia untuk pengguna dalam jumlah terbatas, dan sejauh ini belum ada informasi terkait kapan Facebook akan merilisnya ke publik. Perlu dicatat juga, panduan yang diberikan baru sebatas untuk kota-kota besar saja, belum mencakup kota-kota kecil yang dalam banyak kesempatan juga sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata.

Sumber: TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.