Status Facebook sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak bukan berarti mereka akan bersantai menikmati dominasinya. Sebaliknya, Facebook justru terus mengerahkan upaya untuk menggaet lebih banyak konsumen lagi. Namun itu semua percuma kalau tidak ada akses internet.

Inilah yang pada dasarnya menjadi motivasi utama atas pengembangan sebuah program bernama Express Wi-Fi, yang merupakan bagian dari inisiatif Internet.org (yang kini dikenal dengan nama Free Basics). Express Wi-Fi pada dasarnya memungkinkan konsumen untuk membeli kuota internet untuk digunakan pada jaringan-jaringan Wi-Fi di sekitarnya.

Express Wi-Fi sedikit berbeda dari Internet.org sebelumnya. Mengingat konsumen harus membayar, jelas yang mereka dapatkan adalah akses penuh ke jagat internet. Program ini sekarang sudah tersedia di lima negara: India, Nigeria, Kenya, Tanzania dan Indonesia.

Di tanah air, Facebook menggandeng penyedia layanan internet asal Surabaya, D-NET, sebagai mitranya. D-NET sendiri telah aktif mengembangkan jaringan Express Wi-Fi sejak September tahun lalu di Surabaya, dan akan terus melanjutkannya tahun ini sampai tersedia ribuan titik jaringan Express Wi-Fi.

Facebook Express Wi-Fi

Kabar baiknya, Express Wi-Fi kini tersedia sebagai aplikasi Android yang bisa diunduh langsung dari Play Store, seperti yang sudah dikonfirmasi langsung oleh Facebook kepada TechCrunch. Sebelumnya, konsumen harus mengakses Express Wi-Fi lewat situs mobile atau aplikasi yang disediakan sendiri oleh penyedia layanan internet.

Juga baru pada aplikasi resminya ini adalah fitur untuk mencari jaringan Express Wi-Fi di dekat pengguna. Tidak kalah penting adalah fitur untuk mencari tempat di mana konsumen bisa membeli kuota data tambahan saat yang dimilikinya habis setelah satu jam membuka Instagram Story.

Kembali ke poin di awal artikel, Express Wi-Fi setidaknya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah keterbatasan internet, yang tentunya bakal menghambat pertumbuhan jumlah pengguna bagi Facebook. Bagi pihak konsumen, layanan seperti ini semestinya bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau ketimbang kuota data dari penyedia jaringan seluler.

Sumber: TechCrunch.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.