23 November 2016

by Bambang Winarso

Facebook Uji Fitur Baru yang Bantu Pengguna Menemukan Wi-Fi Gratis

Fitur Find Wi-Fi baru tersedia di negara tertentu dan baru bisa dicicipi oleh pengguna iOS

Facebook mulai menguji fitur baru yang memungkinkan penggunanya memindai dan menemukan jaringan WiFi publik gratis. Di fase pengujian awal ini Facebook baru menyasar platform iOS, namun saat tersedia nanti kemungkinan besar Android pun bakal kebagian jatah.

Fitur bernama “Find Wi-Fi” saat ini dapat dijumpai di aplikasi sejumlah pengguna. Tombol Find WiFi terletak di panel menu, di mana untuk menggunakannya pengguna cukup memilih opsi “Enable Find Wi-Fi”. Setelah diaktifkan, pengguna kemudian dapat memindai jaringan WiFi publik gratis yang tersedia dan terhubung. Tapi, tidak semua pengguna bisa mencicipi fitur ini, dan juga Facebook baru menghadirkannya ke negara tertentu saja.

Ini bukan kali pertama bagi Facebook menguji fitur yang berkaitan dengan Wi-Fi. Sebelumnya, Facebook juga terlihat dalam pengujian fitur serupa bernama "WiFi for check-ins". Menggandeng Meraki routers dari Cisco, program ini memungkinkan pengelola bisnis untuk menawaran akses internet nirkabel ke publik sebagai pengganti check-in melalui Facebook Page.

Facebook juga menjadi inistiator program Wi-Fi gratis meliputi satelit dan drone yang menjadi salah satu dari sekian cara mereka membantu lebih banyak pengguna untuk terhubung ke internet.

Fitur Find Wi-Fi bisa jadi merupakan salah satu project untuk memperluas dan mematangkan framework yang sudah digarap sebelumnya, terutama untuk memberikan solusi bagi masyarakat urban.

Sumber berita Venturebeat dan gambar header Pixabay.