19 November 2015

by Bambang Winarso

Facebook Luncurkan Fitur Penggalangan Dana untuk Organisasi Nirlaba

Fitur penggalangan dana baru ini membantu organisasi nirbala untuk memperoleh donasi dan mempermudah pengguna yang ingin memberi bantuan

Facebook kembali meluncurkan eksperimen berupa tool baru yang memungkinkan lembaga non-profit untuk menggalang dana dari seluruh pengguna jejaring sosialnya.

Fitur baru ini juga bertujuan agar pengguna Facebook dapat lebih mudah menyumbangkan sejumlah uang ke yayasan atau organisasi nirlaba tanpa harus meninggalkan halaman Facebook.

โ€œKami berharap fitur ini dapat membantu lembaga non-profit untuk menjangkau dukungan baru, mendorong komunitas dan memperoleh dana untuk meneruskan pekerjaan mulia mereka.โ€ Tulis Naomi Gleit selaku VP of Product Management Facebook.

Melalui fitur ini, organisasi nirlaba yang ingin menggalang dana dapat membuat project baru disertai dengan target pendanaan yang dibutuhkan. Setelah kampanye penggalangan dana telah dibuat, pengguna Facebook dapat mengirimkan sumbangannya melalui beberapa langkah mudah.

Saat ini Facebook sudah mulai menjalankan kampanye tool barunya ini dengan menggandeng 37 organisasi, di antaranya adalah Mercy Corps, National Multiple Sclerosis Society dan World Wildlife Fund. Ke depan, Facebook juga akan menghadirkan tool ini ke lembaga non-profit di Amerika Serikat. Bagi lembaga yang berminat untuk bergabung, Facebook mengundang mereka untuk mempelajarinya di tautan ini.

Di saat bersamaan, Facebook juga meluncurkan tombol โ€œDonateโ€ baru yang akan ditambahkan ke Pages dan juga post. Dengan demikian, kini pengguna bisa memberikan sumbangan tanpa harus meninggalkan news feed mereka.

Sumber berita Fb.