Categories

Mobile

Facebook "Gembleng" Fitur Asisten Virtual untuk Messenger

Bambang Winarso - 27 August 2015

Raksasa jejaring sosial, Facebook baru saja memastikan diri ikut bertarung dalam bursa persaingan teknologi asisten personal digital. Diungkapkan oleh David Marcus, Facebook sudah memulai pengujian layanan yang berjuluk M.

Apakah ini artinya Facebook akan bersaing dengan Google Now, Siri dan Cortana? Bisa iya, bisa tidak. Pasalnya, Facebook M merupakan asisten virtual yang dirancang untuk dipasang ke dalam aplikasi Messenger. Membantu pengguna menemukan informasi, berbelanja dan mengirimkan item hadiah atas nama mereka.

Ditenagai teknologi kecerdasan buatan, M memberikan nilai lebih kepada Messenger yang pada akhirnya meningkatkan daya saing aplikasi pesan tersebut terhadap aplikasi serupa lainnya. Di saat pengembang aplikasi instan lainnya asyik bermain stiker dan gaming. Facebook membawa persaingan ke level yang lebih tinggi.

Info Menarik:Wajah Baru Halaman Profil di Aplikasi Mobile Facebook Sedang Didandani

Yang membuat M berbeda, alih-alih membiarkan pengguna memberikan “pembelajaran” kepada sistem kecerdasan buatan yang ditanamkan. Facebook justru menambahkan hal khusus di M, selain ditenagai oleh kercerdasan artifisial (AI), layanan ini juga dilatih dan diawasi oleh orang sungguhan. Jadi M menggunakan kombinasi antara AI dan orang sungguhan untuk menjawab apa yang diminta oleh pengguna.

Dijelaskan oleh Marcus, bahwa M tidak seperti layanan berbasis kecerdasan buatan yang sudah ada saat ini. M dapat menyelesaikan perintah atas nama pengguna. Misalnya, membeli produk, mengirim hadiah untuk orang-orang terdekat, memesan restoran, mengatur perjalanan wisata, membuat janji dan lain sebagainya.

Kendati cakupan penggunannya tidak seluas Cortana, Google Now ataupun Siri. Di masa depan bukan tidak mungkin apa yang dikembangkan oleh Facebook ini melompat ke area yang dikuasai oleh ketiganya.

Saat ini M masih dalam tahap pengujian, kita mungkin belum akan melihatnya diluncurkan ke publik dalam waktu dekat.

Sumber berita Facebook.

Koreksi: Beberapa perbaikan dilakukan di artikel ini untuk memberikan penjelasan yang lebih baik atas layanan M dari Facebook. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter