19 July 2016

by Bambang Winarso

Facebook Gembleng Fitur Video Offline di India

Seperti halnya YouTube, fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan video dan menontonnya nanti tanpa sambungan internet

Aplikasi Facebook berbasis Android tampaknya tak lama lagi bakal memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menyimpan video. Tujuannya agar mereka dapat menonton video tersebut lagi nanti secara offline. Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh AndroidPolice, salah satu pembacanya mendapati opsi “Saved” video tersebut di perangkat Androidnya.

Belakangan diketahui bahwa Facebook sudah memulai pengujian fitur baru ini di India sejak 11 Juli lalu, tetapi sejauh ini tampaknya fitur belum banyak pengguna yang mendapatkan kesempatan mencicipinya. Dan juga, menurut AndroidPolice, ketika pengguna memilih untuk menyimpan video, aplikasi menampilkan notifikasi berwarna biru yang menginformasikan bahwa video sedang diunduh.

Fitur menyimpan video offline didapati oleh pengguna Android

Pun demikian, video hanya akan tersimpan di aplikasi Facebook, sehingga berkas utamanya tidak akan dapat diakses dari aplikasi pengelola berkas konvensional. Artinya, Anda hanya dapat memutar secara offline melalui aplikasi Facebook.

Fitur menyimpan video seperti yang sudah saya berikan tutorialnya di sini, memang sudah tersedia sejak lama. Tetapi hanya sebatas tautan status, bukan berkas video yang kemudian dapat ditonton tanpa sambungan internet. Anda dapat mengaksesnya melalui menu Saved, tapi hanya jika sedang terhubung ke jaringan. Dengan digodoknya fitur video offline ini, tampaknya Facebook ingin mengubah cara lama itu seperti yang ditempuh oleh YouTube dua tahun silam.

India menjadi tempat yang tepat untuk menguji perdana fitur ini. Mengingat kecepatan internet di sana relatif lebih lamban. Dengan pertimbangan itu, tampaknya Anda boleh berharap Indonesia akan jadi pendaratan berikutnya setelah India.

Application Information Will Show Up Here

 

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber gambar header Pixabay.