Sekitar dua tahun yang lalu, Facebook resmi menggulirkan fitur menyerupai PayPal yang memungkinkan pengguna Messenger mengirimkan atau menerima uang ke teman. Cukup lama setelah debut itu, Facebook kemudian melakukan perluasan fitur sehingga pengguna tidak hanya dapat mengirim uang ke seorang teman, tapi ke beberapa orang sekaligus yang tergabung dalam grup.

Pembaruan ini jelas sekali dirancang untuk mencegah pengguna meninggalkan aplikasi ketika harus membayar sejumlah tagihan di waktu yang bersamaan. Kendati difungsikan untuk menjadi alternatif bagi PayPal ataupun pembayaran online lainnya, namun sejauh ini Facebook tak berencana mencari tambahan profit dari transaksi yang terjadi.

Hadirnya fitur pengiriman uang di Messenger bisa jadi terinspirasi oleh WeChat yang sudah sejak lama menawarkan opsi pembayaran untuk pembelian barang, jasa transportasi dan pengiriman uang ke merchant yang berbeda. Kombinasi dua platform ini secara perlahan menjadi sebuah pemandangan biasa dewasa ini, terutama ketika Facebook masuk sebagai pemain di dalamnya.

Mengirim uang di dalam grup sangatlah mudah. Pengguna cukup men-tap ikon plus (+) di menu kiri bawah dan memilih menu pembayaran. Selanjutnya pengguna harus memilih kontak yang akan diminta atau dikirimi uang. Penandaan bisa ditujukan untuk pengguna tertentu – satu per satu atau ke seluruh anggota grup. Setelah pengguna ditentukan, berikutnya tinggal menentukan nominal yang diminta atau ditransfer. Pengguna akan memperoleh informasi total nominal sebelum menyelesaikan transaksi.

Fitur permintaan dan pengiriman uang di grup chat sudah digulirkan oleh Facebook, hanya saja untuk sementara baru bisa dijumpai oleh penggunanya di Amerika Serikat.

Sumber berita FB.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.