29 March 2017

by Bambang Winarso

Facebook Gulirkan Fitur Stories dan Efek Kamera untuk iOS dan Android

Pembaruan ini melengkapi apa yang sudah dimulai setelah Instagram, WhatsApp dan Messenger lebih dulu kebagian jatah

Setelah beberapa percobaannya menciptakan tiruan dan rival bagi Snapchat menemui kegagalan, Facebook menempuh pendekatan berbeda dengan cara membenamkan fitur-fitur terkuat Snapchat ke dalam propertinya, seperti ke Instagram, WhatsApp, Messenger dan yang terbaru ke aplikasi utamanya untuk perangkat iOS dan Android.

Pasca proses pengujian yang panjang, Facebook secara bertahap mulai menggulirkan bukan satu tapi beberapa fitur unggulan Snapchat ke aplikasi utamanya. Nama yang diusung bahkan tak banyak diubah. Yap, Facebook Stories kini dapat dijumpai di perangkat iPhone dan Android bersama dengan dua fitur baru yang juga dicomot dari sang rival.

Di samping Facebook Stories, pengguna iPhone kini sudah bisa menjumpai dua fitur lain, yakni Facebook Camera dan Direct. Fitur terakhir adalah ruang khusus yang disiapkan untuk menyimpan pesan yang kirimkan melalui fitur kamera baru. Seperti halnya Stories, isi pesan di fitur Direct akan dihapus secara otomatis saat percakapan berakhir.

Fitur kamera mempunyai prosedur pemakaian yang hampir sama dengan pengujian sebelumnya. Tombol ini dapat dijumpai di bagian kiri atas aplikasi Facebook. Saat digunakan, pengguna dapat menghiasi foto dan video yang dijepret dengan sederet filter dan efek-efek animasi. Setelah selesai dipoles, foto atau video dapat ditambahkan ke story lalu dibagikan ke news feed atau ke pengguna tertentu melalui fitur Direct.

Facebook Stories tentu jadi bintang di update ini. Namun tak banyak hal baru yang ditawarkan oleh Facebook, di mana fungsi dan cara kerjanya tak berbeda dengan apa yang sudah Anda jumpai di Instagram.  Di fitur ini Anda bisa mengatur lebih jauh siapa saja yang bisa melihat Story Anda seperti ketika Anda membatasi privasi status di News Feed.

Pembaruan ini digulirkan secara bertahap ke platform iOS dan Android. Tapi sejauh ini banyak media sudah menjumpai perubahan ini di platform iOS, tapi belum di Android. Hanya soal waktu sebelum pembaruan dapat dijumpai oleh semua pengguna Facebook.

Sumber berita FB.