Facebook Hadirkan Facebook Home, Terintegrasi dengan HTC First

Facebook akhirnya menginformasikan juga bagaimana kerjasamanya dengan HTC dan bagaimana caranya mengubah kebiasaan menggunakan ponsel. Dalam event yang diselenggarakan di kantor Facebook di Menlo Park, California, Mark Zuckerberg memperkenalkan Facebook Home -- semacam launcher/skin yang mengubah tampilan home screenFa (dan lock screen) smartphone Android. Facebook juga memperkenalkan Chatheads, aplikasi messaging yang menjadi inti orang-orang untuk berhubungan.

Facebook Home menginginkan komunikasi antar pengguna ponsel menjadi inti smartphone, bukan sekedar aplikasi. Android menjadi pilihan platform karena lebih mudah mengimplementasikan solusi seperti ini ketimbang platform yang lain, meskipun Zuckerberg menegaskan bahwa hubungan mereka dengan Apple tetap bagus.

Facebook Home akan tersedia secara integral melalui HTC First, yang di Amerika Serikat dijual secara eksklusif oleh AT&T. Selain itu, mulai 12 April mendatang Facebook Home bisa diunduh dan dipasang di sejumlah high end smartphone, yaitu HTC One X/X+, Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy Note II, Galaxy S 4 (akan datang) dan HTC One (akan datang). Selain HTC dan Samsung, Sony juga berkomitmen untuk bergabung dalam kerjasama ini.

Menarik ditilik bahwa smartphone utama Google, seri Nexus, tidak diikutsertakan dalam kolaborasi ini.

Facebook Home sendiri tidak akan mengakomodasi fitur seperti widget dan folder, meskipun demikian segala perilaku lain akan tampil seperti smartphone Android lainnya. Facebook menjanjikan akan ada pembaruan bulanan untuk Facebook Home terkait bug fixes dan penambahan fitur.

[sumber gambar]