GIF makin banyak dipilih sebagai salah satu opsi mengungkapkan ekspresi atau meramaikan percakapan di banyak aplikasi pesan instan dan jejaring sosial. Facebook sendiri sudah sejak lama memberikan dukungan GIF ke dalam layanan dan aplikasi pesannya, kendati masih menggandeng layanan pihak ketiga. Tapi, mulai beberapa hari yang lalu Facebook sudah menginisiasi fase pengujian berupa fitur pembuatan gambar animasi GIF melalui kamera aplikasi utamanya.

Berdasarkan sebuah laporan, disebutkan bahwa pengujian fitur pembuat animasi GIF disematkan di kamera aplikasi utama untuk perangkat iOS. Sejumlah pengguna diklaim telah menemukan opsi baru ini dan mulai membuat gambar animasi GIF versi sendiri.

image_uploaded_from_ios_1024

Cara pakainya cukup mudah,pengguna cukup membuka kamera dari aplikasi Facebook dan mengaktifkan mode GIF yang terletak di samping opsi Normal. Setelah diaktifkan, pengguna dapat mulai merekam video yang akan diubah menjadi animasi. Guna mempercantik hasil animasinya, pengguna bisa menambahkan efek dan frame yang sudah disediakan.

Setelah gambar GIF dibuat, pengguna mempunyai opsi untuk melakukan tindakan lanjutan, misalnya membagikannya ke profil, menjadi Story atau disimpan ke memori lokal untuk jadi koleksi atau dipakai nanti di kemudian hari. Namun sampai saat ini belum jelas kapan fitur pembuat gambar animasi GIF ini akan digulirkan ke pengguna iOS global, dan apakah Facebook berniat menghadirkannya ke platform Android.

Sumber berita ThenextWeb dan gambar header Pixabay.