16 October 2012

by Andi Miftachul

Facebook Izinkan Emoticon pada Komentar Status

Mungkin pengguna Facebook sudah memperhatikan, bahwa baru-baru ini, Facebook mengizinkan pengguna untuk menggunakan emoticon pada komentarnya di status orang lain maupun status diri sendiri. Artinya, simbol-simbol emoticon yang digunakan oleh pengguna seperti :D , :p , dan :) akan diubah secara otomatis menjadi emoticon seperti yang digunakan dalam Facebook chat.

Hal ini dimungkinkan setelah update diam-diam yang dilakukan oleh Facebook pada akhir minggu lalu. Sebelumnya penggunaan ikon emoticon ini hanya dimungkinkan pada percakapan dan pengiriman pesan yang dilakukan oleh pengguna. Saat ini, pengguna sudah dapat menggunakannya untuk berkomentar. Namun untuk status pengguna, ikon-ikon emoticon tersebut masih ditampilkan dalam bentuk tanda baca.

Daftar lengkap emoticon yang bisa digunakan di Facebook dapat dilihat pada daftar yang dibuat oleh FB Smileys di halaman ini.

Tergantung cara melihatnya, update ini bisa menyenangkan, bisa juga merugikan. Pengguna biasa, tentunya senang dengan update ini. Tetapi bagi pengguna atau perusahaan dengan halaman Facebook yang serius, pengguna emoticon Facebook pada halaman mereka bisa menganggu image serius yang mereka bangun.