Categories

Game

Facebook Kabarnya Sedang Bangun Platform Game Buat Tandingi Steam

Premisnya sangat menarik apalagi sejauh ini, pengalaman gaming masih tersegmentasi oleh sistem operasi.

Yoga Wisesa - 29 August 2016

Awalnya disiapkan sebagai tool untuk meng-update game online, kesuksesan Steam mendominasi PC merupakan kombinasi dari keberuntungan dan eksekusi jitu. Saat itu gamer menentang keras kehadirannya, tapi semuanya sudah berubah, sekarang Steam berhasil himpun 125 juta pengguna aktif. Banyak orang mencoba menandinginya, dan tidak sedikit dari mereka gagal.

Beberapa publisher besar telah memperkenalkan layanan mirip Steam dengan gimmick berbeda, dan kali ini satu raksasa sosial media dikabarkan mempunyai agenda serupa. Informasi tersebut terungkap lewat pengumuman kerja sama antara Facebook dan Unity buat mendukung pengembangan game di pertengahan Agustus silam. Namun ketika Steam tampak merajai PC, Facebook juga berupaya menggapai Mac, Android, sampai iOS.

Melalui kolaborasi ini, developer akan dimudahkan dalam memublikasikan permainan mereka ke Facebook. Prosesnya dijanjikan lebih sederhana, sehingga karya digital tersebut bisa segera dinikmati oleh 650 juta pengguna per bulan di sana. Angka itu menunjukkan jumlah yang sangat besar, dan jika tim pengembang menggarapnya dengan tepat, platform baru itu berpeluang mengalahkan Steam.

Publisher dipersilakan merilis game iOS dan Android mereka di desktop. Lewat cara ini, Facebook terlihat mencoba merebut kembali ranah casual gaming yang sempat direnggut oleh perangkat mobile. Tapi tak cuma itu, mereka turut menyiapkan aplikasi PC untuk melayani gamer-gamer kelas hardcore. Konsepnya sangat menarik karena sejauh ini, pengalaman gaming masih tersegmentasi oleh sistem operasi.

Unity sendiri memiliki tugas buat menyiapkan tool-tool developer, layanan, dan mengintegrasikan dukungan platform Facebook langsung ke dalam engine Unity. Sejak berita ini dikeluarkan, Facebook sudah memberikan akses ke build alpha Unity versi 5.4 pada beberapa developer terpilih dan pendaftaran masih terus dibuka sampai tanggal 31 Agustus 2016 besok.

Via Tech Crunch, VP business development Unity Elliot Solomon bilang, "Menyatukan perkakas yang menyederhakan akses ke jaringan Facebook merupakan kunci penting dalam membantu developer mencapai kesuksesan."

Di bulan Mei, Facebook sempat mengumumkan aplikasi downloadable untuk desktop bertajuk Facebook Games Arcade, namun sepertinya mereka mengubah namanya, kini hanya disebut 'platform game PC baru dari Facebook'.

Facebook cukup lengkap dalam mengungkap detailnya: platform dapat berjalan di tipe PC berbeda, bukan cuma Windows; menyuguhkan ruang gaming bebas gangguan (misalnya News Feed); tidak ada batasan genre (casual maupun hardcore); game diklaim mudah ditemukan; dan Facebook berjanji membagi keuntungan hasil pemasukan ke developer.

Via Extreme Tech.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter