Facebook Kini Tawarkan Layanan Pesan Makanan Secara Online

Fitur bernama Order Food dibantu oleh dua perusahaan pihak ketiga, Delivery.com dan Slice

Dalam beberapa bulan terakhir, Facebook secara rutin menggulirkan sejumlah fitur baru untuk layanannya, baik untuk mobile ataupun web. Di sela-sela kesibukan itu, tim pengembang portfolio-nya yang lain yakni WhatsApp dan Instagram juga tak kalah rajin melahirkan fitur baru yang makin memanjakan penggunanya.

Baru-baru ini Facebook kembali melahirkan fitur baru yang ditujukan untuk aplikasi mobile dan juga web. Pembaruan ini menghadirkan sebuah menu baru bernama Order Food yang muncul di kedua platfrom tersebut. Sesuai dengan namanya, Order Food adalah layanan baru yang memungkinkan pengguna memesan makanan dari restoran tertentu langsung dari aplikasi. Artinya, mereka kini tak harus memasang aplikasi pesan antar makanan atau mengunjungi web restoran terkait saat ingin memesan makanan dari rumah.

Menu Order Food ditandai dengan ikon hamburger dengan warna yang berbeda antara platform web dan mobile. Seluruh proses pemesanan hingga ke pembayaran dilakukan melalui situs atau aplikasi Facebook, kendati baru dibatasi untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat. Pun demikian, seluruh pesanan yang masuk tidak secara langsung dikerjakan oleh Facebook, melainkan oleh layanan pihak ketiga yakni Delivery.com atau Slice.

Yang membuat layanan Order Food berpotensi disukai adalah kemudahan dan kelengkapan yang disuguhkan. Layanan ini menampilkan semua restoran di satu halaman termasuk foto, rincian harga dan juga jenis makanannya. Facebook juga memberikan informasi pelengkap apakah restoran terkait melayani pesan antar atau jemputan.

Jika Anda masih ingat, di bulan Oktober tahun lalu Facebook pernah berkolaborasi dengan dua layanan yang sama untuk menginisiasi bisnis pemesanan online. Proyek itu kemudian diwujudkan dalam bentuk fitur Start Order yang digulirkan untuk Facebook Page. Dengan hadirnya fitur yang sama di layanan utama Facebook, tampakya jejaring sosial raksasa ini siap untuk merambah bisnis baru memanfaatkan ekosistemnya yang kian solid.

Sumber berita Techcrunch dan gambar header Pixabay.