10 February 2017

by Bambang Winarso

Facebook Lite Cetak Rekor Baru, Sentuh 200 Juta Pengguna

Dengan menekan bandwidth, Facebook Lite sukses mendorong pertumbuhan bisnis Facebook di wilayah Rest of World

Setelah mengumumkan berbagai pencapaian di awal Februari lalu, Facebook kembali mengumumkan prestasi baru yang kali ini terkait dengan Facebook Lite yang diklaim telah digunakan oleh 200 juta pengguna di seluruh dunia. Untuk Anda yang masih asing dengan Facebook Lite, ini adalah aplikasi versi ringan dari layanan utamanya yang ditujukan untuk pengguna di negara berkembang yang mempunyai keterbatasan koneksi atau perangkat. Selain hemat data, Facebook Lite juga ramah terhadap resource perangkat.

Dikutip dari Techcrunch, Coo Facebook Sheryl Sandberg mengatakan bahwa di beberapa negara di mana banyak orang hanya dan memprioritaskan perangkat ponsel, aplikasi Facebook Lite membantu pengelola bisnis untuk tumbuh dan konsumen untuk menekan biaya data.

Facebook Lite pertama kali diluncurkan pada bulan Juni 2016 dan di tahun pertamanya langsung mencatatkan prestasi dengan 100 juta pengguna bulanan. Berdasarkan laporan yang sama, dukungan Facebook Lite sudah menyentuh negara-negara maju seperti Israel, Italia, UEA dan Korea Selatan. Kehadiran Facebook Lite disebut memberi kesempatan lebih besar kepada Facebook untuk memperoleh pendapatan di mana pengguna menghabiskan waktu lebih banyak bahkan ketika sedang berada dalam koneksi yang tak memadai.

Facebook Lite disebut memegang peranan penting dalam mendorong pertumbuhan bisnis Facebook di daerah Rest of World. Disebutkan nilai rata-rata pendapatan Facebook per pengguna naik 20% dari $1.10 menjadi $1.41 sehingga mendorong pendapatan di seluruh wilayah Rest of World sebesar 52% menjadi $839 juta per kuartal.