Categories

Mobile

Facebook Lite Resmi Diumumkan, Lebih Ringan dan Cepat untuk Jaringan 2G

Bambang Winarso - 5 June 2015

Raksasa jejaring sosial, Facebook kemarin waktu setempat resmi mengumumkan versi baru Facebook Android dengan format yang lebih ringan, mini dan sederhana. Facebook Lite, demikian tim pengembang Facebook menyebutnya.

Proyek aplikasi versi mini dari Facebook Android ini sebenarnya bukanlah mainan baru. Kemunculannya sudah terendus media dan publik pada awal tahun 2015 lalu namun memang belum diresmikan oleh Facebook. Atau dengan kata lain masih dalam tahap pengembangan.

Sekarang Facebook Lite sudah resmi diluncurkan, versi mini Facebook untuk Android ini diperuntukkan bagi pengguna di kawasan yang memiliki jaringan internet lambat. Mayoritas di negara-negara berkembang seperti Bangladesh, Nepal, Nigeria, Sudan, Afrika Selatan, Vietnam dan Sri Langka. Beberapa negara di kawasan Amerika Latin dan Eropa juga masuk dalam cakupan aplikasi ini.

Info Menarik: Facebook Siap Sisipkan Fitur Game Pada Aplikasi Messenger?

Aplikasi dirancang sedemikian rupa sehingga lebih ramping dan ringan. Ukuran file-nya tak lebih dari 1MB, sehingga tak memberatkan smartphone Android berspesifikasi apa adanya. Fitur di dalamnya meliputi News Feed, status updates, foto, notifikasi, percakapan grup, dan lain-lain. Jadi, walaupun mini, Facebook Lite tetap menawarkan fitur-fitur utama Facebook.

Tetapi pengguna yang merasa fitur di Facebook Lite terlalu sederhana, tetap bisa beralih ke aplikasi standar selama perangkat dan jaringannya memadai.

Facebook Lite sudah dijadwalkan meluncur ke kawasan Asia mulai kemarin (4/6/2015), kemudian disusul beberapa negara di kawasan Amerika Latin, Afrika dan Eropa beberapa pekan kemudian. Bagi Anda yang ingin mencoba silahkan mencoba mengunduh aplikasi dari Play Store.

Sumber berita newsroom/FB.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter