21 December 2016

by Bambang Winarso

Untuk yang Demam Kamera, Facebook Live Tawarkan Siaran via Suara

Facebook Live Audio dapat digunakan di platform Android dan iOS untuk pengguna terbatas

Facebook sudah menyediakan fitur yang sangat mudah dan gratis bagi siapapun yang ingin menyiarkan video secara langsung. Bahkan, bagi Anda yang tak percaya diri menampakkan wajah di depan kamera, Facebook kini juga menghadirkan fitur baru untuk menceritakan suatu insiden atau topik yang sedang hangat dalam bentuk audio. Artinya, Anda dapat bercerita secara langsung tanpa harus memperlihatkan wajah di depan kamera.

Dalam rilis persnya, Facebook mengatakan bahwa fitur ini merupakan jawaban atas permintaan dari sejumlah pengguna yang ingin bercerita tentang suatu hal dalam bentuk kata, bukan video. Facebook juga mengaku telah menemukan sejumlah Fan Page yang secara kreatif menerapkan cara ini dalam menghadirkan konten untuk para audiens dengan memanfaatkan Facebook Live API atau menampilkan gambar untuk menggantikan wajah asli mereka.

Facebook Live Audio kini sudah dapat dijumpai di kedua platform, baik iOS maupun Android untuk kalangan terbatas. Di platform Android, para pengguna tetap dapat mendengarkan suara dari siaran yang mereka putar kendati menutup aplikasi atau bahkan mengunci perangkat, kecuali dihentikan secara manual. Tapi bagi pengguna iOS, mereka harus tetap berada di aplikasi Facebook jika ingin terus mendengar siaran. Jika aplikasi ditutup, maka siaran juga akan berhenti.

Facebook punya misi untuk Live Audio, yakni menjadi sarana baru untuk proses wawancara, pembaca buku, penulis lagu dan semua aktivitas yang berfokus pada audio. Pilihan konten hanya via audio juga memberikan opsi baru bagi pengguna yang terkendala dengan kualitas jaringan. Para pendengar juga dapat memberikan reaksi atau mengajukan pertanyaan secara real-time, termasuk menemukan siaran di newsfeed mereka.

Sayang, fitur ini belum didistribusikan untuk pengguna publik. Minggu depan Facebook baru akan menguji fitur ini bersama radio BBC World Service , LBC, Harper Collins, dan penulis Adam Grant dan Brit Bennett.

Sumber berita Fb.