Persaingan Facebook dan Twitter di sektor live video terus berlanjut. Baru kemarin, Twitter memperkenalkan Periscope Producer API, yang pada dasarnya memiliki tujuan akhir supaya pengguna dapat melakukan live streaming ke Periscope dari aplikasi lain. Sekarang, giliran Facebook yang menyerang balik.

Facebook baru saja mengumumkan bahwa semua pengguna tanpa terkecuali kini bisa menyiarkan live video dari laptop maupun komputernya, tidak lagi terbatas pada smartphone saja. Menurut Facebook, setuplive streaming yang mengandalkan webcam ini bakal lebih ideal untuk video berjenis tanya-jawab, tutorial maupun vlog.

Tombol "Live Video" akan muncul di jendela untuk membuat post baru / Facebook
Tombol “Live Video” akan muncul di jendela untuk membuat post baru / Facebook

Untuk memulai live streaming dari perangkat desktop, cukup klik tombol “Live Video” yang muncul saat Anda hendak membuat sebuah post baru.

Namun ini saja rupanya belum membuat Facebook cukup puas. Dalam kesempatan yang sama, mereka juga menghadirkan fitur dimana pengguna dapat menyiarkan live video dari software atau aplikasi pihak ketiga. Sebelumnya, fitur ini cuma tersedia bagi pemilik Facebook Page, atau lewat sejumlah mitra Facebook seperti Blizzard dan Bluestacks.

Gamer dapat memanfaatkan software seperti OBS atau XSplit untuk menyiarkan live video ke Facebook / Facebook
Gamer dapat memanfaatkan software seperti OBS atau XSplit untuk menyiarkan live video ke Facebook / Facebook

Fitur ini pastinya akan terdengar sangat menarik di telinga para gamer, sebab mereka sekarang bisa menyiarkan sesi gaming-nya ke Facebook secara live melalui softwaresoftware seperti OBS (Open Broadcaster Software), XSplit dan Wirecast. Mereka pun juga dapat menambahkan grafik atau efek lainnya langsung di atas video yang tengah disiarkan.

Bagi yang tertarik, Facebook telah menyediakan panduan langkah demi langkah untuk memulai sesi live streaming menggunakan ketiga aplikasi streaming di atas.

Sumber: Facebook.