2 November 2015

by Bambang Winarso

Getol Garap Ecommerce, Facebook Tempa Fitur Jualan, Local Market?

Facebook dikabarkan kembali membuat gebrakan baru, dimana sejumlah pengguna iPhone mengaku menemukan sebuah fitur bernama Local Market yang sebelumnya tidak ada di ponsel mereka.

Sumber berita ini mengatakan, Local Market yang sepertinya masih dalam tahap uji coba ini mempunyai pelbagai fitur dan kategori yang mengindikasikan kuat sebagai sebagai fitur ecommerce.

Yang paling mudah dinilai pasti dari namanya, dan kemudian dari keterangan beberapa pengguna, Local Market mempunyai dua bagian yang berdampingan yaitu Sell dan Buy. Memungkinkan pengguna untuk menjual atau membeli perangkat dari berbagai kategori berbeda mulai dari fashion, otomotif, alat-alat rumah tangga, furnitur, buku, mainan anak, benda-benda seni, kecantikan, alat pertukangan, perangkat dan banyak lagi lainnya.

Pengguna juga dapat melakukan penyesuaian fitur dengan memilih item dan dimasukkan ke dalam “Collections” yang diinginkan, misalnya berupa kategori produk favorit, pakain pria, wanita atau lainnya. Tambahan lain, saat pengguna membuat lapak baru di grup jualan, mereka akan mendapati opsi untuk memposting item ke Local Market plus penjelasan singkat benefit yang didapat.

Info Menarik:Tampilan Facebook Notes Berubah Jadi Lebih Apik

Menurut pengakuan pengguna, fitur Local Market hanya ditemukan oleh beberapa pengguna, itupun dalam waktu yang tidak lama, sekitar dua jam. Penggunaannya diakui belum selancar fitur-fitur lainnya.

Hingga berita ini dipublikasikan, belum ada penjelasan resmi dari pihak Facebook. Jadi untuk sementara kita belum bisa membuat kesimpulan apakah fitur ini akan jadi aplikasi tersendiri yang terpisah dari Facebook atau akan disematkan di dalam layanan utama.

Sumber berita Slashgear dan gambar header Shutterstock.