Categories

Internet

Facebook Luncurkan Internet.org Platform untuk Menarik Minat Developer

Glenn Kaonang - 5 May 2015

Dalam rangka memeratakan penggunaan internet, khususnya di wilayah-wilayah dengan akses internet yang masih sangat terbatas, Facebook bersama sejumlah mitranya menjalankan program Internet.org. Di Indonesia sendiri, program ini sudah resmi beroperasi sejak pertengahan bulan April kemarin, dimana pengguna kartu SIM Indosat dapat mengakses sejumlah situs dan layanan secara gratis.

Pada awal peresmiannya, situs maupun layanan yang bisa diakses secara cuma-cuma tersebut mencakup Facebook, Wikipedia, Ask.com, Accuweather, OLX, Tokopedia, Jobstreet dan Unicef. Guna menambah jumlah situs dan layanan yang terintegrasi dengan Internet.org, alias bisa diakses secara gratis, Facebook pun memperkenalkan Internet.org Platform kepada para developer.

Sederhananya, Facebook ingin memastikan bahwa Internet.org bisa beroperasi secara transparan. Hal ini bisa diartikan Facebook tak ingin ada kecurangan yang berlangsung dan semua developer bebas berpartisipasi tanpa dipungut biaya sepeserpun, asalkan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Info menarik: Facebook Rilis Software Open-Source untuk Simulasi Jaringan Seluler di Berbagai Negara

Syarat pertama adalah, situs atau layanan yang berpartisipasi di Internet.org harus memotivasi pengguna untuk mengeksplorasi jagat internet yang lebih luas. Kedua, penggunaan data haruslah efisien sehingga pihak operator dapat terus menyempurnakan infrastrukturnya tanpa kendala soal dana.

Lebih jelasnya, syarat kedua ini merupakan peringatan bagi aplikasi atau situs yang umumnya 'memakan' bandwith besar. Syarat kedua ini juga berarti developer dilarang menyematkan fungsi VoIP, video, file transfer, foto beresolusi tinggi atau dalam jumlah banyak, ke dalam aplikasi maupun situs buatannya.

Syarat terakhir, situs harus dioptimalkan untuk diakses melalui smartphone maupun feature phone dan dalam kondisi bandwith yang terbatas. Gampangnya, para developer diminta untuk mengikuti panduan teknis yang sudah ditetapkan.

Tim internal Facebook nantinya akan memeriksa apakah situs atau aplikasi yang ingin berpartisipasi di Internet.org sudah memenuhi syarat-syarat tersebut. Estimasi proses review ini diperkirakan berkisar 4 - 6 minggu. Saat semuanya berjalan lancar, situs atau aplikasi tersebut bisa diakses secara gratis via Internet.org.

Sumber: Facebook. Gambar header: Wikipedia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter