3 October 2016

by Glenn Kaonang

Facebook Luncurkan Messenger Lite, Versi Ringan dari Aplikasi Facebook Messenger untuk Android

Ditujukan untuk pengguna yang masih menggunakan smartphone Android lawas, misalnya yang diproduksi antara tahun 2009 - 2011

Masih ingat dengan Facebook Lite, aplikasi Facebook untuk Android versi ringan yang ditujukan untuk pengguna di kawasan dengan jaringan internet lambat? Kini giliran Facebook Messenger yang mendapat perlakuan serupa. Yup, belum lama ini, aplikasi Facebook Messenger Lite resmi diluncurkan di lima negara.

Kelima negara tersebut adalah Kenya, Malaysia, Sri Lanka, Tunisia dan Venezuela. Ke depannya, Facebook berencana untuk merilisnya di kawasan lain, tapi masih belum dipastikan kapan.

Premisnya sama seperti Facebook Lite, Messenger Lite dimaksudkan untuk pengguna di negara-negara berkembang, khususnya mereka yang masih menggunakan smartphone Android lawas, misalnya yang diproduksi antara tahun 2009 - 2011. Dibanding aplikasi standarnya, Messenger Lite mengonsumsi storage dan RAM lebih sedikit, bahkan lebih irit soal penggunaan kuota internet.

Tentu saja, konsekuensinya adalah sejumlah fitur kemungkinan besar bakal absen dari Messenger Lite. Untuk sementara belum ada informasi mengenai hal ini, tapi wajar saja apabila fitur yang absen adalah macam Stories dan Chatbot. Pun demikian, fitur sticker maupun kirim-mengirim foto tetap tersedia di Messenger Lite.

Melihat popularitas Facebook Lite di negara-negara di Asia, tidak mengejutkan apabila Messenger Lite nantinya juga mampir ke Indonesia dan negara-negara lainnya.

Sumber: Engadget dan Facebook.