Categories

Social Media

Facebook Luncurkan Tool untuk Mentransfer Koleksi Foto dan Video ke Google Photos

Buah dari proyek kolaboratif yang dimulai tahun lalu bersama Google, Microsoft, Twitter dan Apple

Glenn Kaonang - 3 December 2019

Pada pertengahan tahun lalu, Facebook, Google, Microsoft dan Twitter mengumumkan proyek kolaboratif bernama Data Transfer Project. Tidak lama setelahnya, Apple ikut menyusul menjadi salah satu kontributor proyek tersebut. Sekarang, sejumlah konsumen sudah mulai bisa menikmati faedahnya.

Facebook baru saja mengumumkan sebuah tool yang memungkinkan para pengguna untuk memindahkan koleksi foto dan videonya masing-masing ke layanan Google Photos. Berbekal fondasi teknologi yang dikembangkan untuk Data Transfer Project, prosesnya dapat disederhanakan menjadi beberapa klik saja.

Sebelum ini, membuat salinan foto dan video Facebook di Google Photos sebenarnya sudah bisa dilakukan, dengan catatan kita siap mengunduh dan mengunggahnya kembali satu per satu. Tool baru yang Facebook tawarkan ini dimaksudkan untuk mempermudah prosesnya, tidak peduli seberapa banyak koleksi foto dan video yang kita punyai.

Untuk sekarang, tool ini baru tersedia buat para pengguna di Irlandia saja, sedangkan perilisan globalnya baru akan menyusul di awal tahun depan. Facebook ke Google Photos tentu baru permulaan. Ke depannya Facebook pasti juga akan membuat tool serupa tapi untuk memindahkan ke Microsoft OneDrive dan Apple iCloud.

Saya pribadi cukup penasaran apakah tool ini dibekali kemampuan untuk mendeteksi duplikat. Jadi semisal satu tahun dari sekarang saya mentransfer koleksi foto dan video Facebook saya ke Google Photos untuk yang kedua kalinya, apakah tool-nya bisa langsung mengabaikan deretan foto dan video yang sudah pernah ditransfer sebelumnya, sehingga yang ditransfer hanyalah yang baru-baru saja?

Sumber: Facebook via GSM Arena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter