26 January 2014

by Bambang Winarso

Facebook Masih Jadi Sumber Traffic Paling Potensial, Twitter dan YouTube Justru Melemah

Traffic adalah hal penting bagi pengelola blog, web atau platform lain yang menggantungkan harapan profit di dunia maya. Meski bukan yang utama tetapi semakin tinggi traffic maka semakin tinggi pula potensi pendapatan yang akan didapatkan oleh sebuah situs.

Ada banyak sumber traffic yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik situs, salah satunya adalah jejaring sosial. Apakah itu Facebook, Twitter, Pinterest, YouTube atau situs jejaring sosial lainnya. Apakah jejaring sosial merupakan sumber traffic yang potensial? Ya, tapi jejaring sosial manakah yang paling potensial?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita simak laporan dari Shareaholic yang merangkum data traffic yang didatangkan oleh 8 jejaring sosial ke situs-situs yang berada dalam jaringan mereka. Dari data tersebut terungkap bahwa Facebook masih menjadi pemegang tampuk tertinggi sebagai jejaring sosial yang mendatangkan traffic paling banyak.

 

Info Menarik: New Smartfren Andromax V Mendarat Bersama Andromax U3

 

Data berupa persentase periode bulanan yang Anda lihat di tabel di atas merupakan data keseluruhan traffic mulai traffic berbayar, kunjungan langsung, mesin pencari dan sosial refferal. Namun Shareaholic sudah membuat rangkuman pertumbuhan traffic khusus dari jejaring sosial dari bulan September hingga Desember 2013 di tabel sebelah kanan Anda.

Dari data tersebut di atas bisa kita telaah bahwa Facebook masih menjadi sumber traffic paling potensial, menduduki peringkat pertama dengan pertumbuhan positif sebesar 5.07 poin atau 48,85% selama periode September hingga Desember 2013.

 

Info Menarik: Aplikasi Browser dari Baidu Diminati di Indonesia

 

StumbleUpon patut mendapatkan perhatian serius karena situs ini menunjukkan pertumbuhan paling besar yaitu 54,36% atau 0.30 poin selama September hingga desember 2013. Namun sumber traffic StumbleUpon masih rendah dibandingkan Facebook, menempatkan mereka di posisi 4.

Pinterest juga menjadi sumber traffic yang tak kalah potensial. Dari data Shareaholic di atas dapat kita ketahui situs ini menunjukkan peningkatan sebesar 30,06% atau 1.11 poin dan menduduki peringkat kedua di bawah Facebook.

Dua situs jejaring sosial raksasa Twitter dan YouTube justru mencatatkan performa negatif dengan penurunan traffic sebesar 4,31% dan 34,97% dengan penurunan poin masing-masing 0.05 dan 0.10 poin. Kondisi yang sama ditunjukkan oleh Reddit dan Linkedln dengan penurunan di atas 15%.

Data ini menjadi gambaran penting seberapa efektif jejaring sosial tersebut mendatangkan traffic, dan sudah barang tentu menjadi pertimbangan penting bagi pemilik situs untuk memaksimalkan traffic dari jejaring sosial tertentu. Jika tak cukup efektif, bukan tak mungkin para blogger dan web owner akan menghapus situs tersebut dari daftar sharing konten mereka.

Sumber TheNextWeb, Shareaholicdan gambar header social media via Shutterstock.