Facebook Messenger Bakal Diperkaya Fitur Baru, Secret Conversation

Facebook Messenger Bakal Diperkaya Fitur Baru, Secret Conversation

Saat ini, fitur baru dalam fase beta dan dapat dijumpai oleh beberapa pengguna
Ilustrasi ikon Facebook/Pixabay
Ilustrasi ikon Facebook/Pixabay

WhatsApp dan Messenger adalah dua lini produk yang sama-sama dimiliki oleh Facebook. Tak lama setelah WhatsApp diguyur fitur enkripsi end-to-end, Messenger pun merencanakan penambahan serupa. Dan kini, fitur yang bakal dinamai “Secret Conversation” telah muncul ke permukaan dalam versi beta, kendati belum dapat digunakan oleh semua partisipan.

Seperti fitur serupa di layanan pesan instan lainnya, Secret Conversation dikilaukan oleh prosedur keamanan enkripsi total. Yang artinya, hanya pengirim dan penerima pesanlah yang bisa membaca isinya. Kendati demikian, tidak semua pesan akan mendapatkan perlakukan serupa. Facebook telah mengonfirmasi bakal menyediakan tombol pengaturan fleksibel yang dapat diimplementasikan untuk percakapan tertentu saja.

Fitur Secret Conversation secara default tidak aktif, dan dapat diterapkan ke percakapan tertentu
Fitur Secret Conversation secara default tidak aktif, dan dapat diterapkan ke percakapan tertentu

Secara default, fitur Secret Conversation tidak dalam posisi aktif. Untuk menggunakannya, pengguna harus membuka jendela chat seperti biasa kemudian men-tap tombol menu dan memilih opsi Secret Conversation. Di panel yang sama juga bakal ada opsi timer yang bila diset, maka pesan akan otomatis terhapus.

Untuk saat ini, tampaknya Facebook sudah menggulirkan kemampuan baru ini untuk sejumlah pengguna beta, tapi belum semua.

Penerapan fitur enkripsi di Messenger bukanlah wacana baru, terlebih ketika WhatsApp mendapatkan giliran terlebih dahulu. Selain WhatsApp, layanan Telegram, Signal dan Viber sudah lebih dulu menawarkan enkripsi demi memberikan rasa aman kepada penggunanya. Penambahan fitur ini di WhatsApp dan Facebook merupakan langkah penting untuk terus menegaskan dominasinya di ranah piranti lunak khususnya pesan instan via mobile.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…