Setelah menguji fitur Stories yang bertahan singkat seperti halnya kepunyaan Snapchat di beberapa negara, Facebook akhirnya cukup yakin untuk menggulirkan fitur bernama Messenger Day ke lingkungan yang lebih luas. Kini, seluruh pengguna Messenger berbasis Android dan iOS yang melakukan pembaruan sudah bisa menjumpai fitur baru Messenger Day dan membagian cerita menarik apa yang mereka lalui dalam bentuk foto dan video.

Facebook tak melakukan banyak perubahan sejak terakhir kali fitur tersebut diujikan di Polandia tahun lalu. Via Messenger Day, pengguna dapat membuat sebuah cerita berupa foto dan video yang diputar secara perlahan sampai dihapus secara otomatis 24 jam kemudian. Jika Anda merasa bahwa fitur ini mirip dengan apa yang ada di Snapchat dan Instagram, tak salah lagi, karena yap memang benar adanya.

Sebagai pemanis, pengguna dapat menambahkan filter, stiker dan juga teks. Satu-satunya perbedaan yang bisa ditemukan adalah adanya fungsi saran, yang pada dasarnya akan memberikan opsi tipe postingan ketika hendak dibagikan, seperti “I’m Feeling”, “Who’s Up For?” dan “Im’ Doing.” Apapun pilihannya, pengguna akan menemukan filter terkait dengan emosi ataupun kejadian tertentu.

newsroom-post-22

Untuk mulai menggunakan Messenger Day, pengguna cukup menyentuh ikon baru di Messenger atau tap tombol Add to your day di dalam inbox. Dari sana mereka tinggal memilih ingin menggunakan foto atau video, memilih stiker yang hendak disematkan atau menyertainya dengan teks pilihan.

newsroom-post-32

Menyoal kebiasaan Facebook “menjiplak” Snapchat, ini bukan kali pertama dilakukan. Setelah gagal dengan beragam aplikasi untuk menjegal Snapchat, Facebook mulai menerapkan cara menyomot fitur sang rival dan membenamkannya ke portofolio yang sudah kadung populer, seperti Instagram, WhatsApp dan layanan utamanya, Facebook dan Messenger. Terkesan kurang kreatif memang, tapi suka tidak suka rencana Facebook tampaknya sejauh ini berjalan dengan sangat baik. Snapchat harus segera melupakan gegap gempita keberhasilan mereka di lantai bursa dan kembali fokus ke meja kerja.

Sumber berita FB.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.