13 tahun adalah usia minimum yang Facebook cantumkan sebagai syarat saat seseorang hendak membuat akun baru. Saya tahu ada beberapa pengguna yang mengakalinya, dan masing-masing pasti punya alasannya sendiri-sendiri. Salah satu yang paling umum adalah supaya seorang anak bisa dengan mudah menghubungi kakek-neneknya maupun orang-orang dekat lainnya melalui Messenger.

Tentu saja Facebook punya pertimbangan khusus atas syarat usia minimum tersebut. Membiarkan anak-anak di bawah umur menggunakan Messenger sama saja mengekspos mereka ke jagat internet, di mana banyak sekali konten yang kurang layak bagi anak-anak seumuran mereka. Untuk itu, Facebook sudah menyiapkan solusinya.

Mereka memperkenalkan Messenger Kids, aplikasi terpisah yang secara spesifik ditujukan untuk pengguna di bawah syarat umur itu tadi. Untuk menggunakannya, seorang anak tak perlu memiliki akun Facebook sendiri atau meminjam perangkat milik orang tuanya.

Messenger Kids

Namun jangan khawatir, sebab orang tua masih memegang kontrol penuh atas apa saja yang bisa diakses oleh buah hatinya di Messenger Kids. Yang paling utama adalah daftar kontak yang bisa dihubungi; aplikasi hanya akan menampilkan daftar kontak yang telah disetujui oleh orang tua sang anak, sehingga orang tua tidak perlu khawatir anaknya berinteraksi dengan orang tak dikenal.

Semua ini diatur lewat akun Facebook milik orang tua, dan setelahnya anak-anak bebas berkomunikasi dengan orang-orang terdekatnya. Lawan bicaranya, selama yang sudah berusia 13 tahun atau lebih, bakal menerima panggilan, teks, foto maupun video yang dikirimkan sang anak melalui aplikasi Messenger standar.

Messenger Kids

Messenger Kids turut dilengkapi fitur pemanis seperti sticker, frame, 3D mask, maupun tool corat-coret lainnya. Anak-anak juga bisa saling berkirim GIF, namun Facebook memastikan bahwa koleksi GIF yang bisa diakses di Messenger Kids sama sekali tidak mengemas unsur-unsur dewasa.

Untuk sekarang, Facebook baru merilis versi preview dari Messenger Kids di Amerika Serikat saja. Yang tersedia saat ini adalah aplikasi versi iOS, tapi Facebook berjanji bakal merilis versi Android-nya dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: Facebook.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.