25 October 2016

by Bambang Winarso

Facebook Messenger Kini Terintegrasi ke PayPal

Integrasi ini menghadirkan tiga keuntungan baru bagi pengguna Facebook Messenger dan PayPal

PayPal baru saja mengumumkan diri menjadi opsi pembayaran baru di aplikasi Facebook Messenger. Artinya, kini pengguna Facebook dapat dengan mudah membeli barang dan melakukan pembayaran dari dalam ekosistem Facebook.

Dukungan baru ini memberikan kemudahan kepada pengguna PayPal untuk menghubungkan akun mereka ke akun Facebook dan Messenger. Setelah dihubungkan, pengguna akan memperoleh notifikasi transaksi PayPal.

PayPal telah sejak lama mengupayakan ekspansi lebih luas untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Selama ini, mereka menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan termasuk Mastercard, Vodafone, Visa, Alibaba dan sejumlah perusahaan lainnya. Tambahan Facebook Messenger di dalam layanannya, memberikan kesempatan menjangkau lebih dari 1 miliar pengguna potensial, meski dukungan ini baru terbatas untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat.

Di Facebook, PayPal bukan satu-satunya opsi pembayaran yang berlabuh ke ekosistem mereka. Sejumlah nama juga disebutkan sudah mendukung integrasi ini, antara lain Stripe, Visa, MasterCard, dan American Express.

Integrasi antara Messenger dan PayPal sebenarnya sudah dimulai sejak September lalu dengan status beta di kalangan pengembang. Facebook kemudian menjanjikan peluncuran untuk pengguna yang lebih luas sebelum akhir tahun.

Facebook telah sejak tahun lalu mendorong Messenger untuk berperan lebih dari sekadar aplikasi pesan, melainkan sebagai sebuah platform baru yang menghubungkan retailer ke pelanggan di satu atap layanan.

Di tahun 2015, Facebook juga memberikan akses kepada pengguna Messenger untuk menambahkan informasi kartu kredit Visa dan MasterCard untuk keperluan pengiriman uang ke teman.

Sumber berita PayPal.